Advokasi Penamaan Tumbuhan di UI

, , 2 comments

Salah satu program kerja divisi eksplorasi OMPT Canopy 2011 adalah Advokasi Penamaan Tumbuhan di UI.  Proker ini dikoordinasikan oleh Cinov dan Dyna (Biologi 2010).  Sejak pertengahan bulan April 2011, Cinov dan Dyna udah mulai buat surat terbuka terkait kesalahan penamaan tumbuhan di kawasan UI.  Isi suratnya seputar kritik, saran, tata cara penamaan ilmiah (binomial nomenclature), dan foto perbandingan papan nama tumbuhan di MIPA UI (yang salah) dengan papan nama tumbuhan di kawasan UI (yang benar).  Surat yang mereka buat akan disampaikan ke pak Ismail Sumawijaya, S. Sos.  Beliau kalo ngga salah, ketua Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK).  Tau ngga PLK dimana? PLK itu di Gedung Biru, deket stasiun pocin, depannya halte Balairung.  Kalo anak UI pasti tau kan? Kalo ngga tau, tanya temen aja deh ya hehe.
Surat terbuka atas nama OMPT Canopy itu disampaikan ke pak Ismail hari rabu, 27 April 2011.  Waktu itu cuma gw sama cinov yang ke sana, karena dyna lagi ada kuliah (gw ikutan karena gw ketua divisi eksplorasi OMPT Canopy).  Ternyata eh ternyata.. respon dari pak Ismail sangat positif.  Malah beliau seperti sudah menunggu-nunggu kedatangan kami kesana.  Kenapa bisa gitu?  Karena kami anak BIologi dan pak Ismail sudah baca artikel tentang kesalahan penamaan tumbuhan di UI di web anakui.com.  Artikel itu kebetulan dibuat sama temen gw juga, anak biologi.  Pak Ismail berharap kritik dan saran mengenai lingkungan hidup di UI bisa langsung disampaikan ke beliau, supaya bisa langsung diobrolin dan segera ditindak lanjuti.
Informasi yang kami dapet dari pertemuan itu antara lain.. penamaan tumbuhan di UI ternyata hasil dari kerjasama pihak PLK dengan institusi luar (udah ada MOU nya).  Pihak PLK sendiri ngga nyangka penamaan nya bakal salah, karena institusi luar yang bekerja sama dengan PLK tersebut cukup kompeten di bidangnya.  Makanya pak Ismail terbuka banget sama kritik dan saran yang kami sampaikan ke beliau.  Surat terbuka yang kami berikan, akan beliau sampaikan ke atasan nya untuk sesegera mungkin ditindak lanjuti juga disampaikan ke institusi luar tersebut.  Sampai sekarang penggantian papan nama tumbuhan UI yang salah belum dapat segera diselesaikan, karena masih dalam proses perancangan.  Dalam arti, masih diperhitungkan kemungkinan papan nama tumbuhan UI diganti sesuai dengan format yang telah digunakan di lingkungan MIPA UI (biar ada keseragaman, gitu..) dan lain-lain deh penyebabnya.  Sampai saat ini kami masih nunggu kabar selanjutnya tentang perbaikan papan nama tersebut.  Tapi tenang aja, pak Ismail janji bakal memperbaiki kesalahan penamaan tumbuhan itu kok..
Selain ngomongin penamaan tumbuhan di UI, pak Ismail juga cerita2 tentang apa aja tugas dan fungsi dari PLK.  PLK itu tugasnya menyangkut lingkungan hidup di UI dan keamanan lingkungan UI.  Terus.. beliau juga ngasih tau website yang berisi daftar tumbuhan di UI.  Coba deh cek green.ui.ac.id/diversity.  Itu yang bikin anak teknik, kalo ngga salah jurusan sistem infomasi.  Setelah gw liat web nya, si pembuat web cuma ngambil atau menyantumkan tumbuhan-tumbuhan yang udah ada herbariumnya.  Dia dapet herbariumnya dari Laboratorium Taksonomi Tumbuhan Biologi UI.  Artinya, itu baru sebagian kecil (banget) dari keanekaragaman flora yang ada di kawasan Kampus UI Depok.
Nah, tadi sore (5 mei 2011), gw, ririn (wakil ketua OMPT Canopy), dan teguh (perwakilan divisi diklat) ketemu lagi sama pak Ismail.  Pak Ismail banyak cerita tentang program lingkungan hidup di UI, contoh: peremajaan pohon, penanaman pohon, dll.  Biar ada bayangan, kerjaan PLK di bidang Lingkungan Hidup itu mencakup pemeliharaan, inventarisasi, dan monitoring kondisi tanaman yang ada di UI.  Kami juga dikenalin sama Mas Agung, gw lupa jabatannya apa, pokoknya dia yang bertanggung jawab sama hutan kota dan tanaman2 di UI deh.  Mas Agung itu lulusan Kehutanan IPB, jadi jago lah tentang perhutanan dan pengelolaannya.  Pak Ismail dan Mas Agung cerita tentang asal bibit-bibit pohon yang di tanem di UI, rencana-rencana ke depan, dll.  Beberapa tanaman di UI mungkin akan segera ditebang dan bakal diganti sama tanaman2 Indonesia lho.. contoh: Nyamplung, Jambu Ju, Mahoni, dll.
Kami juga dikasih tau, zonasi hutan UI.  Hutan UI terdiri dari 4 bagian, zona wales Barat, Wales Timur, Zona vegal, dan Zona Pemanfaatan.  Sekarang ini di zona Wales Barat udah ada blok Meranti HItam, Meranti Merah, dan Meranti Kuning, juga ada berbagai macam tumbuhan khas Indonesia bagian Barat (Wales Barat).  Keanekaragaman pohon di Zona Wales Timur udah pernah didata oleh kak Ansyari Maruzi (Bio 2004).  UI juga punya lahan pertanian dan lokasi persemaian pohon buat aklimatisasi tumbuhan sebelum di tanam di kawasan UI.  Minggu besok, kami diajak jalan-jalan buat liat lokasi persemaian sama lahan pertanian.
Buat ke depannya, Insya Allah OMPT Canopy bakal bantuin PLK untuk mendapat salinan hasil peneliitian keanekaragaman di UI, misal: nama-nama flora yang udah diinventarisasi.  Karena hasil penelitian tersebut bisa disatuin untuk di web, dll.  Sayang kan kalo skripsi kakak2 kita cuma jadi konsumsi anak Biologi doang.. minimal ini bisa bermanfaat juga buat UI dan bisa mendukung pengelolaan lingkungan hidup UI yang lebih baik.  Juga OMPT Canopy dan PLK akan koordinasi terus tentang program lingkungan hidup di UI.  Diharapkan OMPT Canopy bisa kasih masukan yang membangun untuk lingkungan hidup di UI niiih, misal: lokasi tanaman yang perlu diremajakan, dll.
Ayoo semangat para Biolog muda FMIPA UI!! Terutama Canopers!! Mari-mari kita banyak belajar, terutama tentang Keanekaragaman Makhluk Hidup yang ada di Indonesia..  ditunggu banget nih buat berkontribusi aktiif! Dimulai dari kampus tercinta ini.. Universitas Indonesia.

NB: buat temen2 yang mau bantu2in, bisa sms gw langsung yah.. thx banget temans!!

2 comments:

  1. what a try, Dindin and all of Canopers, good job, masyaAllah!
    kalo mau identifikasi tumbuhan ui lagi, mohon jarkom eza juga ya. moga Allah sempatkan :)
    thanks for share and keep writing, siz.

    ReplyDelete
  2. iyaa zaa.. Ayoayo belajar.. btw, eza mau jadi volunteer peremajaan hutan ui gaa? Krjaan nya ngasih saran sama bantuin plk dlm meremajakan hutan ui.

    ReplyDelete