di sela-sela bikin proposal KP, saya nyoba-nyoba lagu di laptop nya mas. Eh ada nama yang unik.. PMDK. Wah lagu apaan nih? Langsung saya coba..

TERNYATA

itu lagu kami! Iya kami! Saya baru inget kalo kami pernah bikin musikalisasi puisi! PMDK itu singkatan dari Pinta Mirza Diny Karawitan. Kami bikin musikalisasi puisi dalam rangka persiapan buat apresiasi seni acara mabit. Niat banget yaa? Hehe iya emang.

Musikalisasi puisi itu kami buat pake puisi nya Sutardji Calzoem Bachri yang judulnya Idul Fitri. Ini puisi nya..

IDUL FITRI
Lihat
Pedang tobat ini menebas-nebas hati
dari masa lampau yang lalai dan sia-sia
Telah kulaksanakan puasa ramdhanku,
telah kutegakkan shalat malam
telah kuuntaikan wirid tiap malam dan siang
Telah kuhamparkan sajadah
Yang tak hanya nunu Ka'bah
tapi ikhlas mencapai hati dan darah
Dan di malam-malam Lailatul Qadar akupun menunggu
Namun tak bersua Jibril atau malaikat lainnya
Maka aku girang-girangkan hatiku
Aku bilang: Tardji rindu yang kau wudhukan setiap malam
Belumlah cukup untuk menggerakkan Dia datang
Namun si bandel Tardji ini sekali merindu
Takkan pernah melupa
Takkan kulupa janjiNya
Bagi yang merindu insya-Allah kan ada mustajab Cinta

Maka walau tak jumpa denganNya
Shalat dan zikir yang telah membasuh jiwaku ini
Semakin mendekatkan aku padaNya
Dan semakin dekat semakin terasa kesiasiaan pada usia lama yang lalai
berlupa
O lihat Tuhan, kini si bekas pemabuk ini ngebut di jalan lurus Jangan kau depakkan lagi aku ke trotoir tempat usia lalaiku menenggak arak di warung dunia

Kau biarkan aku menenggak marak cahayaMu di ujung usia
O usia lalai yang berkepanjangan yang menyebabkan aku kini ngebut di jalan lurus Tuhan
jangan Kau depakkan lagi aku di trotoir tempat dulu aku menenggak arak di warung dunia

Maka pagi ini
Kukenakan zirah la ilaha illallah
aku pakai sepatu siratal mustaqiem
akupun lurus menuju
lapangan tempat shlat ied
Aku bawa masjid dalam diriku
Kuhamparkan di lapangan
Kutegakkan shalat dan kurayakan kelahiran kembali di sana

*
nyeees banget kan puisinyaaa! Puisi ini waktu itu yang bawa si Mirza. Musikalisasi puisi nya kami buat bareng-bareng, trus pinta yang main gitar, saya nyanyi, mirza baca puisi. Diulang-ulang terus tapi suara saya tetep gitu, ga bagus-bagus! Haha emang ga bakat nyanyi.

Akhirnya itu musikalisasi puisi ga jadi dipentasin dan teronggok di laptop mirza. Saya ngga jadi ikut ke acara itu, soalnya harus mentas teater.

Tapi kenangan itu masih rapi dalam ingatan.
- penamaan pohon di UI
- jurnal hasil eksplorasi baluran
- buku lapangan

ini semua ga akan selesai kalo gw kerjain sendirian.

di luar itu semua, gw pengen banget bisa fokus ngerjain KP.
Senin :
ngerjain KP

Selasa:
08.00-09.40 Pengantar Ilmu Lingkungan @lab.ekologi
10.00-12.40 Ekologi Hewan @dekamat lt.3
13.00-15.40 Entomologi @dekanat lt.3

Rabu :
ngerjain KP

Kamis:
08.00-09.40 Biogeografi @r.seminar lt.3
10.00-12.40 Fisiologi Reproduksi @lab.ekologi
13.00-15.40 Ekologi Hutan Hujan Tropis @lab.ekologi

Jumat:
ngasisten Keanekaragaman Tumbuhan (insya Allah)


total 19 sks, kuliah cuma hari selasa dan kamis (udah kayak les). Semester depan insya Allah tinggal up, skripsi, dan sidang. Aamiiin
"..ngga boleh rewel.."

Saya punya kekasih sejak hampir dua tahun yang lalu.  Saya manggil dia dengan sebutan “mas” atau “sayang”, dia ngga mau saya panggil dengan sebutan namanya.  Dari perjalanan hampir dua tahun berpacaran jarak jauh, banyak hal yang menginspirasi saya.  Berikut ini saya ceritain beberapa contohnya..

Kalo keadaan udah ngga menguntungkan, banyak hal yang bikin pusing, dan kadang bikin pesimis, mas akan bilang..
“ngga ada pilihan lain selain semangat sampe mampus..”
Dan beneran, biasanya kalo udah begini, mas bakal cuma tidur 3 jam kemudian mengerjakan hal-hal produktif seharian.  Slogan semangat sampe mampus itu dia terapin di saat dia baca buku, ngerjain tugas, diskusi pinter sama temen-temennya, dan juga ngurusin saya hehe

Kalo ada yang curhat sama dia, certain masalah hidup mereka atau sekadar cerita kegalauan, mas akan bilang..
“hidup ngga bakal ngecewain lo..”
Udah gitu dengerin sambil ngasih solusi logis.  Kalo curcol sama dia, dia ngga bakal ikut-ikutan melankolis atau ikutan sedih, tapi dia biasanya bakal bikin kita berfikir lebih realistis, menerima hidup, dan menerima kenyataan. Biasanya cewek-cewek nih yang suka digituin. Hahaa. Berkat cara dia yang kayak gitu, saya jadi belajar buat ngga manja terus-terusan, menerima hidup dengan lebih ikhlas, dan lebih berjuang dalam segala hal.

Kalo saya lagi super nyebelin, bawel, dan marah-marah terus, dia hampir selalu sabar dan bakal nanya “kamu kenapa? Lagi ada masalah apa, cantik?” soal nya dia tau, kalo saya marah-marah ngga jelas, pasti karena lagi banyak pikiran.  Selama hampir 2 tahun ini, seinget saya baru 2x mas marah sama saya.  Kalo mas udah marah berarti saya udak keterlaluan banget.  Mas juga ngga bakal ngomel-ngomel ngga jelas (kayak saya), paling dia cuma bilang secara tidak langsung dalam maksimal 4 kalimat dingin.  Abis itu baru deh saya nyadar kalo udah keterlaluan.  Dan mas ngga bakal marah lama-lama, biasanya satu hari kemudian udah ngga marah lagi trus langsung minta maaf (padahal kan saya yang salah).  Subhanallah baik nya emang.  Kesabaran mas yang luar biasa ini sering bikin saya geleng-geleng kepala dan menyadari betapa beruntung nya saya.. Alhamdulillah

Hobi mas adalah membaca.  Baca apapun.  Waktu mau ngospek orang, mas baca soal pendidikan dan psikologi.  Waktu mau bikin acara soal UMKM, mas cari jurnal dan baca juga.  Waktu mau buat kajian apapun, mas bakal baca banyak jurnal atau buku.  Liat aja e-library nya.. Kira-kira 3,5 GB.  Hasil bacaannya biasanya bakal mas tulis di buku, supaya gampang kalo mau ngereview (katanya).  Kalo udah baca, mas bakal ngga bisa di ganggu.  Setahun terakhir, mas mulai suka menulis.  Jadi hobi dia nambah sekarang, membaca dan menulis.  Mas sering juga semangatin saya buat baca dan nulis, tentu saja semangatin nya secara tidak langsung.  Misalnya.. hampir semua kado yang mas kasih ke saya adalah buku dan kartu ucapan nya menekankan supaya saya rajin baca, hehe..  Hobi mas ini bikin saya makin semangat belajar dan saya jatuh cinta banget sama dia.

Dan lain-lain
masih banyaaak hehe

Jadi cerita nya gini, selama 2 minggu kemarin saya lagi sering banget ngambek sama pacar. Sering banget nyari masalah, hampir tiap hari malah. Entah kenapa kayak gitu, rasa nya tiap hari ada aja hal menyebalkan yang bikin saya pengen ngambek.

Alhamdulillah pacar saya sangat sangat sabar menghadapi saya yang gampang ngambek. Hampir ga pernah dia ikutan ngambek.

Nah minggu kemarin, pacar saya sibuk nya banget banget banget. Saya waktu itu ga sadar kalau dia susah dihubungi karena emang lagi banyak banget kerjaan di kampus. Jadi lah saya ngambek (lagi).

Gara-gara saya super nyebelin, akhirnya untuk pertama kali nya (iya, pertama kali dari pacaran yang hampir 2 tahun), mas marah juga. Marah nya juga cuma 3 kalimat sih, tapi buat mas yang ga pernah marah, itu udah banyaaak.

Gara-gara mas ikutan marah, saya jadi sadar kalau saya udah keterlaluan. Dan singkat kata kami berbaikan.

Setelah berbaikan, rasa kangen jadi makin menjalar. Sangat sangat kangen. Maklum lah kami udah lama ga ketemu atau punya waktu buat ngobrol.

Pada satu malam tiba-tiba mas bilang mau ke jakarta, disuruh sama temen-temen katanya. Bagai angin dan air di pegunungan, rasa nya nyeees banget waktu tau mas mau ke jakarta.

Tau ga mas ngapain ke jakarta? Dia ikut diskusi. Jauh-jauh ke jakarta untuk ikut diskusi. Ckckck.

Saya pun nyempet-nyempetin buat dateng kesana dan ketemu mas. Naik transjakarta, 2x salah halte, bolak balik sana sini, akhirnya sampe juga ke daerah Juanda. Daaaan saya ketemu sama mas!

Rasa nya kayak siang-siang minum es kelapa muda. Nyeees bangeet. Mas dateng dengan semua pesona nya, senyum nya, baju nya yang rapi, dan kayak ada sinar-sinar di sekeliling dia. Bener-bener kayak pangeran. Hahaha (lebay parah)

Hari itu saya cuma nemenin dia ikut diskusi. Dia dateng ke tempat diskusi itu sama temen-temen dia yang pinter nya ga masuk akal.

Sekitar 3 jam doang kami ketemu, trus saya harus pulang.

3 jam yang sangat berarti.

Hahahaa aneh ya orang yang lagi jatuh cinta..
hari ini saya ke PLK sama cinov buat advokasi penamaan tumbuhan UI. Hasilnya canopy kemungkinan besar yang ngejalanin penamaan tumbuhan UI. Nanti cinov bakal buat proposal nya dan bakal publikasi ke yang lain gimana rencana kerja nya.

Bikin herbarium rumput2 hasil eksplorasi dilanjutin besok. Pekan depan identifikasi dan rapiin data nya. 17 hari lagi ngumpulin jurnal ke BAKSO! BSO lain tinggal nganalisis data, canopy baru ngerapiin herbarium. Mamam. Tapi tetep optimis sih.. Karena tahun depan anak-anak Canopy bakal ke luar negeri untuk publikasi hasil eksplorasi tahun ini. Yieeey!

Dhiya u, mabiters paling cerewet dan seru di mabit 08 sakit DBD dan tifus. Hari ini saya, lulu, ivan, kholilah, dan dienta bakal jenguk ke sana.

Mirza tiba-tiba aja ke jakarta buat ikut diskusi di Newmuseum. Kalo baca di google, tempatnya enak banget, di deket monas. Diskusi mulai jam 3, jadi setelah dari rumah sakit, saya langsung kesana naik transjakarta. Mirza cuma sampe jam 7 di jakarta, jadi bakal sangat saya manfaatkan waktu 4 jam itu. Dan untuk pertama kalinya saya bakal bukpus bareng dia tahun ini.

Entar malem bakal ngerjain rencana program jangka panjang canopy, ide cerita teater buat wakilin mipa di UI fest, baca beberapa jurnal, dan bikin pendahuluan buku pengamatan lapangan paku di ui.

Yiihaaa!
"tidak pernah benar-benar memikirkan, karena berada diurutan terbawah."

"selalu benar-benar memikirkan, karena berada diurutan teratas."

why why why?
why me?


why not?
Berawal dari keinginan saya cari uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan tahun depan, saya mulai nyari-nyari kerja. Tentunya yang pas sama karakter saya, biar kerja nya semangat. Selama ini sih kerjaan tambahan saya cuma ngajar. Di BTA (kelas dan privat), sama ada privat pribadi.  Sebenernya uang dari situ udah lumayan, tapi sayang nya penghasilan per bulannya ngga pasti.  Kadang dapet banyak, kadang dapet dikit, dan juga cukup ngabisin waktu. Padahal kebutuhan selalu ada tiap bulannya.
Disaat-saat seperti itu, Canopy ditawarin kerjasama sama Youth Lab, untuk kerja bareng di CSR nya Merck. Kerjasama nya adalah Canopy diminta buat jadi mentor acara lingkungan di daerah Gedong, Jakarta Timur. Nah, pas banget nih, acara lapangan dan bisa dapet gaji juga dari sana.. Lumayan banget loh gajinya.. Hmhmhm. yang ngurus kerjasama ini di Canopy adalah Firda. Saya udah ngirim CV lewat Firda (meskipun telat). dan.. hari ini adalah interview. Interview nya sih santai katanya.. tapi masalahnya interview nya lewat skype.  Saya belum pernah sama sekali pake skype (berhubung di rumah juga ngga ada internet). Saya ngga ngerti gimana cara main nya. Gaptek banget deh.. hahaa
Setelah selesai urusan kampus, saya langsung pergi ke warnet, karena laptop lagi suka ngadat dan emang ngga bisa skype an dari kampus. Warnet pertama yang saya tuju adalah Mediouz, (buat yang suka masuk UI lewat pocin gundar pasti tau deh..) warnet Mediouz emang nyaman banget menurut saya. Tapi saking nyaman nya, warnet itu jadi sering penuh. Sama kayak hari ini. Akhirnya saya memutuskan ke The Patch di deket jalan kapuk. Di The Patch juga enak sih cuma kadang loading nya lama, disini juga ada headphone dan microphone nya.
di warnet saya udah deg-deg an sendiri dan langsung nyoba-nyoba Skype. mulai bikin akun, nge add si mba yang mau interview saya, dan coba kanan kiri. Selama nyoba-nyoba, saya ngerepotin firda dengan nanya ini itu, ngga ngerti sama sekali soalnyaaa.. (hehe maaf ya firdaa). Mba yang mau interview saya sampe saat ini belum online. di sms pun belum balas.. jadi lah saya nungguin sambil online.

eh eh eeh! tiba-tiba mba nya online!! dan nanya bisa interview sekarang apa ngga.

Mba nya (M): hai din! bisa skype skrg? aku abis wawancara r****
D: bisa kak.. sip
M: bntr ya aku ke kamar mandi dulu
D: ok

makin deg-deg ser..

mba nya selesai ke kamar mandi dan telp saya via skype, huwoowww.
dari di tanya-tanya seputar organisasi sampai problem solving. Hmhmhmm.. saya jawab seingetnya pengalaman dulu-dulu. Untung lah pernah ikut teater dan suka jadi moderator, jadi kebiasa PD kalau ditanya-tanya orang. Sekitar setengah jam kurang saya di interview dan hasilnya bakal keluar hari senin. Ngga tau deh tadi bagus apa ngga. Rasanya nyeeeeeh banget. hahahaa!

Pelajaran hari ini:
1. di jaman se-hitech ini jangan sampe gaptek! no no no! Minimal pernah bisa lah fitur-fitur terkenal.. meskipun jarang gunain.
2. pengalaman organisasi harus di inget dan dijadikan pelajaran, karena bakal berguna dan bermanfaat di kerjaan kedepannya
3. jangan deg-deg an pas wawancaraaa!!! ngerusak konsentrasi doang!

hahahaa
semoga dapet yang terbaik ya..
aamiiiinn..
Ini pertama kali nya saya jatuh cinta. Kalau ternyata hubungan ini ngga berhasil, berarti ini juga pertama kali nya saya jatuh karena cinta dan rasanya pasti ngga enak. Seperti ada sesuatu yang hilang dari dada, ngga berada di tempatnya. Dan entah kenapa nafas tidak seringan biasa nya. Tapi toh itu resiko, yang telah berani saya pilih.

Ada seseorang yang mengingatkan saya dulu,
"jangan tidak terbang karena takut jatuh"
saya terbang, dan saya harus berani mengambil resiko (bila harus jatuh, suatu hari nanti).

Toh kehidupan tidak akan mengecewakan kita.
kebiasaan buruk kalau lagi tidak mood:
1. Males makan
2. Berantakin kamar
3. Mager

obat penenang nya adalah
1. Ketemu temen yang bisa bikin ketawa
2. Jalan-jalan sendirian
3. Belanja

obat penyembuh nya adalah
masalah selesai
setelah beberapa hari berkutat dengan kunci determinasi, sampel, dan gambar-gambar. Minimal saya sadar akan beberapa hal:
Peneliti
berasal dari kata teliti, diberi imbuhan Pe- sehingga artinya adalah orang yang pekerjaan nya meneliti sesuatu. Sifat utama nya adalah teliti.

demikian juga dengan kasus rerumputan (tema kerjaan Canopy di Eksplorasi Baluran).  Semua rerumputan itu harus di teliti satu per satu.  Buat diidentifikasi jenis nya.  Bagian utama yang paling penting untuk identifikasi adalah bunga dan buah.  Nah, bunga rumput itu cuma sebesar upil. Beneran deh, kecil banget.. (ga semua spesies sih). Tapi banyak yang bener-bener cuma segede upil.  Bunga-bunga sebesar upil itu saya liatin satu per satu, nafas per nafas, detik ke detik.  Ngeliat bentuknya gimana, berpasangan apa ngga, susunan nya gimana, apa aja bagian yang khas nya.. biar akhirnya tau itu spesies apa.
Gilaaak..
Bakal pusing deh pasti.

Artinya.. Jadi peneliti itu harus sabar! Ya iya lah.. Ngeliatin bunga segede upil satu-satu, kalo ngga sabar bisa gila kali (hahaa lebay)

Biar semangat ngerjain eksplorasi kali ini, saya sering komunikasi sama kak Alex.  Kak alex adalah seorang ahli rumput dari LIPI, dia alumni Canopy.  Kak alex bilang, kalo mau identifikasi rumput harus ada bantal, cokelat anget atau teh, dan ngga boleh deket-deket benda tajam.  Lucu banget emang kak alex.

ngga tau gimana akhirnya itu nasib rumput. Yang jelas, sekarang saya punya pandangan berbeda setiap melihat rumput, kayaknya mereka menggoda saya dengan gemulai dan cantik.. halaah haha
bahkan saya jadi pengen jadi ahli rumput loh! keren ga tuh?
Kemarin saya ikutan buka puasa di rumah sahabat. Namanya Hana. (bener-bener cuma satu kata doang.. Hana. hehe.)

Saya sahabatan sama hana semenjak ketemu di mabit nf, pas kelas 3 sma. Biasanya sih kami bertiga, sama Achmad Firmansyah alias pman. Tapi sekarang pman lagi ke turki, ada acara dari asrama nya.

Hana adalah anak pertama dari 6 bersaudara. Bisa dibayangkan dong rame rumahnya kayak apa? Adik nya masih kecil-kecil loh.. Yang paling kecil aja umur nya baru 2 tahun.

Ada beberapa hal yang saya sangat salut dan ngiri sama keluarga dia.
1. Dengan jarak umur kakak beradik yang ga terlalu jauh, mereka keliatan nya jarang berantem dan lebih sering akur. Malah bahu membahu saling membantu dan bekerja sama. Salut!

2. Keluarga mereka islami bangeeet.. Beda jauh sama keluarga saya! Hehe. Saya suka sekali cara ummi nya hana membiasakan anak-anaknya untuk tadarus. Trus, adiknya hana yang namanya ibrahim, masih kelas 4 sd, tapi sholat nya hampir selalu di masjid. Adik yang paling kecil namanya wafi, masih 2 tahun tapi udah apal Al-fatihah dan surat-surat pendek lain nya. Pas saya baru dateng ke rumah dia, saya langsung diajak sholat sama wafi. Keren ya! 2 tahun loh itu.. Berarti pendidikan agamanya dapet banget nih anak. Mancaaap!
Masih banyak hal-hal lain nya yang saya suka dan ga bisa ditulis satu-satu.

Nanti kalo saya udah berkeluarga, kira-kira bisa ga ya bikin keluarga islami macam itu.. Hmhmhm..

Anyway, terima kasih buat hana yang udah ngundang saya buka puasa di rumahnya.. Dan udah memberikan pelajaran soal keluarga ideal nan islami. Semoga keluarga mu semuamuanya bisa punya istana di surga..
udah dari 3 tahun yang lalu saya sangat jarang buka puasa bareng keluarga. Tahun lalu aja saya cuma satu kali buka puasa sama sekeluarga, itu juga hari terakhir puasa. Sisa nya ya buka puasa sendiri, atau sama temen2 kalo lagi ada buka puasa bersama, atau di tempat murid les.
Bisa kayak gitu karena ibu bapak saya cari rezeki di bulan puasa. Dengan cara jualan macem macem makanan. Kolek, es buah, ayam, dan aneka pepes. Yaa walaupun sering buka puasa sendirian di rumah, saya berusaha bersyukur aja. Mau gimana lagi.
Tahun ini juga, ibu bapak saya jualan makanan. Beda nya, dari 3 tahun yang lalu jualan nya di pasar Bendungan Hilir, tahun ini jualan di warung deket rumah.
Aneka pepes buatan ibu saya enak banget loh, harganya murah juga lagi! Pas banget buat buka puasa..
Ayo ayo temen2 yang mau bisa langsung dateng ke warung ibu saya di jalan joe, deket PMI. Atau kalo mau beli banyak, bisa pesen, tinggal sms saya aja..
Cerita soal keluarga aaah..

saya anak ke 2 dari 4 bersaudara.

Kakak saya namanya Vidya Hartiningrum. Kalo di rumah, beliau dipanggil mba pipi. Tapi kalo di luar rumah, biasanya dipanggil vivi. Sekarang mba pipi lagi skripsi di jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Soedirman, Purwokerto.
Mba pipi ini tipe kakak yang perhatian sama adik-adik nya. Sering banget sms saya, pathy, ibu, bapak, buat nanya kabar atau kasih kabar. Nanya lagi ngapain, lagi sibuk apa, sms tausyah, dll.. Meskipun jarang banget saya bales sih sms nya, teteep aja dia rajin sms. hehee.
Dulu waktu masih sama-sama di jakarta, mba pipi sering ngasih saya kado ulang tahun. Hadiah paling so swit adalah hadiah pas 17 tahun, yaitu seperangkat alat lukis (kanvas, kuas, cat minyak, dan tempat cat) beserta surat yang penuh romantisme, hahaha. Kalo baca pasti menitikan air mata lho saya! Abis isinya so swit, intinya dia sayang sama saya.. Tapi sekarang mba pipi udah ga ngasih saya kado lagi.. :( mungkin karena kanvas buat ngelukis yang dia kasih belum saya pake sampe sekarang kali yaa.. (adik ga tau diri, hehe).
Selain kakak yang penuh perhatian, mba pipi adalah anak satu-satu nya yang ga bisa bikin bapak marah. Beneran! Bapak tuh paling ga bisa marah kalo sama mba pipi! Kata ibu, kayaknya bapak takut mba pipi nangis.. Maklum, dibandingin adik-adiknya yang sering ngelawan orang tua, dia jauh lebih melankolis, nurut dan jarang keluar rumah.
Urusan pergaulan, dari kecil, mba pipi cenderung 'memilih' temen. Kalo udah nyaman sama seseorang, mba pipi bakal sering temenan sama dia aja. Misal waktu TK dan SD sama Selly, SMP sama Adiya, kuliah sama Indri. Selain itu, mba pipi juga banyak punya temen cowok. Waktu SMP dia pernah disebut rocker sama temen cowoknya, mungkin karena sifat/gaya nya dan temen2 dia yang kbanyakan cowok. Saya ngga tau deh. Meskipun banyak punya temen cowok, mba pipi sangat susah suka sama cowok. Menurut saya karena kriteria yang dia pengen tuh banyak banget.. Harus ini harus itu. Eh tapi akhirnya pas kuliah dia pacaran sama temen nya. Itu cowok hebat banget bisa bikin kakak saya suka sama dia dan memutuskan buat pacaran. Akhirnya pun hubungan mereka ga hepi ending. Saya liat sih, karena si cowok itu ngga ngerti mba pipi, dia ngga kenal mba pipi yang sebenernya. Hahaha sok tau banget ya saya. Pas mba pipi putus sama pacarnya, kami sekeluarga agak deg-deg an. Karena mba pipi itu melankolis banget.. Kami takut mba pipi -si anak baik- sedih berlarut-larut. Ngga tau gimana dia di purwokero, tapi dia sukses aja tuh berusaha terlihat tegar dan ok ok aja di rumah. Dasar..
Mba pipi juga punya banyak mimpi, salah satu nya adalah dia mau nerusin kuliah s2 ke australia. Saya liat, dia udah mulai milih universitas, cari cari beasiswa, dan siap-siapin berkas.
Semoga tahun ini skripsi mba pipi kelar dan cepet dapet beasiswa s2, jadi tahun depan dia bisa langsung s2 di tempat yang dia pengen. Semoga mba pipi juga tetep jadi si anak baik di rumah juga jadi kakak yang perhatian.
Aamiin.