Salah satu kegiatan saya di hari minggu adalah main sama anak-anak Dreamdelion. Seperti yang waktu itu saya ceritakan di sini, sejak beberapa bulan lalu saya bergabung dengan Dreamdelion. Tadinya saya masuk dalam tim Manggarai Berkarakter, yaitu bertugas untuk membentuk karakter ibu-ibu di Manggarai. Tetapi karena seringkali tugasnya tumpang tindih dengan tim lain, maka Manggarai Karakter diubah menjadi Dreamdelion Kreatif. Sebagai tim Dreamdelion Kreatif, kami bertugas untuk menjadi pelatih dalam pelatihan kerajinan tangan dan mengelola lokasi Dreamdelion yang baru yaitu di Manggrai RW 12.


Dreamdelion Kreatif telah dua kali menjalankan program Craft Class di sekitar kampus Universitas Indonesia (UI), tepatnya di taman lingkar perpustakaan pusat UI. Di pertemuan pertama, kami membuat gantungan kunci yang terbuat dari benang wool dan kertas bekas. Di pertemuan kedua kami membuat tempat pensil yang terbuat dari kain perca.
kerjaan saya sama si Eru kalau lagi kuliah atau rapat adalah ngobrol via kertas!

isi ngobrolnya sih macem-macem, bisa tentang kerjaan, bisa tentang kerjaan, makanan, pacar, gosip, dan segalanya haha

kali ini kami ngobrolnya via kertas tissu, soalnya adanya itu.



entar kalo dia udah kuliah di negeri orang pasti kangen deh chit chat ngga penting kayak ginian hahaha
Salah satu cita-cita saya adalah menjadi guru TK! yup! soalnya bermain dengan anak-anak sungguh sangat menyenangkan dan membahagiakan. Kita selalu senyum, senang, bernyanyi, menari, tertawa, dan sejuta kegiatan positif lainnya.

Sayangnya, berhubung saya lebih suka berkarir menjadi saintis, jadilah saya belum bisa menjadi guru TK. Namun demikian, selalu ada jalan mencapai cita-cita! dan tahun ini mulailah saya mewujudkan cita-cita saya!

Sampai saat ini, perwujudan cita-cita ini belum menjadi guru TK sih.. cuma ngurusin anak-anak aja hehehe

berikut adalah 2 kegiatan seru-seruan saya dalam mengurusi bocah-bocah kecil yang sangat menyenangkan!

Namanya Diny Hartiningtias. Banyak orang yang berpikir bahwa aku mengenalnya dengan sangat baik. Tetapi setelah aku bertanya pada seseorang dalam hati, ternyata ia tidak ku kenal dengan sangat baik. Yah, baiklah, aku akan tetap mencoba untuk bercerita tentangnya.

Aku tidak memanggilnya dengan nama Diny, tetapi kusapa dia dengan nama Dindin. Kata ibu, aku sudah bersamanya saat aku berumur enam bulan, ketika ia ada di dalam rahim ibu. Kami sudah berbagi segalanya.

Waktu aku tertawa dan bercanda dengan ibu, itu berarti ia juga ikut tertawa dan bercanda dengan ku. Lalu disaat air mataku menetes dan ibu berusaha membuatku tersenyum, itu berarti ia juga ikut menghiburku. Rasanya tidak ada satu pun yang dapat menggantikan kebahagiaanku.

Ada banyak hal menarik yang saya pelajari di fase baru dalam kehidupan saya, yaitu fase bekerja. Sejak dua bulan terakhir, saya kerja di salah satu lembaga penelitian di kampus. Waktu itu saya udah pernah cerita disini. Hal-hal yang saya pelajari ini adalah hasil dari pengamatan saya pribadi selama saya bekerja (baru 2 bulan), alias sebagai anak baru, jadi kalau ada yang salah-salah ya maaf-maaf yaah hehe.
kemarin tanggal 25 September 2013, tepat 4 tahun saya berpacaran sama mirza.

coba ah saya review hubungan saya dan mirza

waktu temenan doang :
mirza adalah salah satu teman nyebelin sekaligus nyenengin.

Nyebelin karena dia suka nyeleneh, suka seenaknya (belakangan saya sadar ini bikin dia sangat apa adanya, ngga tukang pura-pura). Saya kenal dia di tempat les, Mabit Nurul Fikri Mampang. Dia teman sekelas saya di rombongan B. Dulu waktu masih les, dia sering banget bolak balik keluar masuk ruang kelas, duduk selonjoran di depan kelas (padahal masih dimulai pelajarannya), suka ngelawan kalo dikasih aturan yang ribet, kalo ketawa paling keras dan ngakak, dan salah satu murid pintar (kalo ngga salah waktu departemen matematika dia juara kelas deh).

Salah satu hal yang sangat membuat saya penasaran adalah cinta. Cinta itu sebenernya apa ya?
Kata ilmuwan, rasa euphoria cinta bisa hadir akibat peningkatan hormon dopamine. Hormon yang buat kita senang selalu, bahagia tak terkira rasanya, semua berbunga-bunga seperti taman bunga yang berupa-rupa warnanya. Dopamine juga menekan rasa protes dan kesal dalam diri kita, terutama kepada yang tercinta. Sehingga apapun yang sang tercinta lakukan, tetap terasa berkilauan dan semerbak mewangi dunia kita.

Para ilmuwan juga bilang, dopamine hanya bisa bertahan sekitar 4 tahunan meraja dalam diri kita. Sisanya? Otak mulai mengambil alih euphoria itu, bunga-bunga mulai layu, segala yang indah menjadi terbuka, menampakkan wujud aslinya. Duri-duri di mawar mulai terasa, karena segala yang mewangi akan diverifikasi ulang oleh otak kita. Otak mulai bisa protes dan kesal akan kenyataan yang ternyata tak seindah taman bunga.
Salah satu materi dasar di latihan teater adalah olahrasa. Ada banyak cara melakukan latihan olahrasa. Misalnya kita duduk tenang, atur nafas, sambil menenangkan pikiran.. Benar-benar belajar fokus dan tenang. Bisa juga dengan melihat ke titik tertentu sambil duduk tegak dan melipat kaki, atau bisa juga dengan berjalan super lambat sepanjang 10 meter, dan lain-lain

sumber gambar: http://goo.gl/TXd4rt



As I told you before, I have been Mr. Jatna’s assistant since two weeks ago. He already gave me one task: edit his books. It’s a cool task for me. I like his writing, his opinions about environment is clever. This task encourage me to have ability in good writing, editing, thinking the way environmentalists think, and how to write my opinion about something. Those are the basic skills that scientist must have.

Siapa sih yang bisa ngga jatuh cinta sama Bandung? Udara nya dingin, sejuk, banyak tempat makan enak, ada kampus ITB yang keren, dipenuhi rumah-rumah tua dari jaman belanda, pohon-pohon besar di sepanjang jalan, dan lain sebagainya. Bahkan keindahan kota ini disamakan dengan salah satu kota paling terkenal di Eropa dan disebut Paris van Java.

Saya ngga pernah tinggal lama di Bandung, biasanya paling 2 – 3 hari dalam jangka waktu kira-kira 3 bulan sekali. Tapi waktu-waktu tersebut udah bisa bikin saya suka banget sama kota ini. Biasanya saya di Bandung nginep di kos an temen, meskipun pernah juga sih nginep di sekre Tiben (salah satu tempat di kampus ITB).

Salah satu tempat yang paling saya suka buat dijadiin tempat nginep adalah.. kosan Nindia! Nindia itu teman SMA saya, saya pernah cerita tentang dia disini. Ada beberapa hal yang bikin kosan nindia enak dan nyaman banget.
Kita semua tau olahraga itu penting buat kesehatan tubuh. Sayangnya, secara sadar umumnya kita juga sering kali meniadakan waktu olahraga. Alasannya banyak, sibuklah, capeklah, ngga ada waktulah, macem-macem.. Jadilah badan kita sangat jarang dipakai olahraga.


alhamdulillah!

hari ini saya sah jadi asisten nya pak Jatna Supriatna!

paaraah seneng nya bener-bener bukan kepalang! saya ngga bisa berhenti senyum seharian! hahaha

Saya sebelumnya ngga pernah nyangka bisa jadi asisten beliau. Dulu pas beliau masih ngajar di kelas, saya cuma terkagum-kagum doang di kursi belakang. Wah keren yah si bapak.. Wah pinter banget yah.. Wah saya bisa ngga yah sekeren itu.. dan wah wah yang lainnya.

Oiya, buat yang belum tau, beliau ini adalah salah satu dosen di Biologi UI, saya cuma pernah satu kali sih diajarin beliau, tapi udah kerasa banget pinter dan kerennya hahaa. Beliau juga salah satu orang yang berpengaruh dalam bidang konservasi di Indonesia. Sudah menulis beberapa buku tentang konservasi. Pernah jadi ketua Conservation International - Indonesia, dan sekarang jadi ketua Pusat Riset Perubahan Iklim (RCCC) UI.

Aloha!

Saya dan Mirza kembali bikin kue bersama-sama! Kali ini kami bikin Cinnamon Cupcakes. Ide bikin Cinnamon Cupcakes dari saya, gara-gara bubuk kayu manis sisa bikin Carrot Cake masih banyak, masih ada sisa cream cheese, tepung, dan lain-lain.

Kami buat kue ini hari jumat, sehari sebelum Mirza lari pagi dan ngopi-ngopi ganteng sama teman-temannya.

Mirza berhasil nyari resep disini, lalu dia modifikasi
Saya dan mirza lagi menemukan keasikan baru dalam berpacaran, yaitu masak bareng!! Hihihii yang dimasak baru jenis-jenis kue dan minuman sih.. soalnya kami belum bisa masak makanan besar.

Salah satu resep favorit kami adalah Carrot Cake. Ide membuat Carrot Cake sebenernya diawali sama Mirza yang iseng mencari resep, cari-cari kue yang bisa dimakan sambil ngopi dan Voila! Dia menemukan resep ini.

PADUSI adalah sebuah pentas drama musikal yang bercerita tentang tiga legenda dari tanah Minang.  Padusi sendiri berarti perempuan, dalam bahasa minang.  Pun juga dalam pentas ini, tiga legenda yang diceritakan adalah tentang perempuan, yaitu Puti Bungsu, Siti Jamilan, dan Sabai Nan Aluih.

sumber gambar: http://padusi.acara-event.com/gallery/
hayhay!

pekan lalu saya sudah seminar loh! Seminar hasil penelitian yang berjudul:
"Analisis Pola Fenologi dan Struktur Komunitas Dipterocarpaceae di Stasiun Penelitian Way Canguk, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung"
inti dari penelitian sih buat membatu konservasi hutan Dipterocarpaceae di Indonesia. Oiyaa, Dipterocarpaceae itu lebih dikenal sebagai pohon Meranti, biasanya banyak digunakan untuk bikin mebel, rumah, dan lain-lain.

Waktu itu, penelitian saya lakukan di Stasiun Penelitian Way Canguk, saya pernah cerita juga tentang itu disini. Tempat nya seru banget!!

seminar hasil penelitian tanggal 23 Mei 2013 kemarin. Agak heboh dikit persiapannya..

Heyho!


kemarin saya dan kekasih macar di kafe Coffee Life, sebuah kedai kopi baru di daerah Pondok Labu. Tadinya si mas kesini soalnya mau ngobrol-ngobrol sama co-founder kafe ini yang adalah temen dia. Tapi sayang nya temennya mas lagi pengen istirahat jadi ngga sempet ngobrol-ngobrol sama dia deh..



*

Buat saya yang baru pertama kali kesana, Coffee Life itu tempat yang seru!

logo

halo halo

kali ini saya akan cerita tentang cemburu.


saya seringkali beranggapan bahwa berantem langsung ke orang deket itu ngga baik, malah bikin rusuh, dan ngga menyelesaikan masalah. Maka dari itu setiap ngambek atau marah, pasti saya lebih milih diem dan ngga ngomong langsung terutama ke orang yang sangat dekat dengan saya. Kalo ngga deket-deket amat malah terlalu frontal saya mah hehe
Salah satu cara menemukan diri sendiri yang saya terapkan adalah nyobain hal-hal baru dan ketemu dengan orang-orang baru. Hal baru kali ini yang saya lakukan adalah.. menjadi volunteer bareng @CountMeInID  @sahabatanak, dan @bluebirdgroup di Kidzania. Udah agak lama sih, sekitar dua minggu yang lalu kayaknya.

Kidzania ada di Pacific Place, saya berangkat dari rumah jam 6 pagi karena harus sampai di lokasi jam 8 pagi. Agak telat dikiit, saya baru sampe sana jam 8.15 hehe

Sampai di sana,
Halo-haloo..

tanggal 6 April kemarin saya ulang tahun loh yang ke 22 tahun.. huhuhuy

saya seneng banget karena tepat di hari ulang tahun saya, Mirza Adrian Nurpratomo ST wisudaan di ITB. huhuy ini jadi kado yang paling cihuy tahun ini hehehe





selain itu, saya juga dikasih kejutan dan kue ulang tahun dari sahabat-sahabat tercintaahh



kami makan bareng-bareng di lab herbarium

__

target saya untuk satu tahun ke depan adalah..


  1. lulus
  2. jadi guru TK
  3. ikutan socio-entrepreneurship
  4. ikutan acara komunitas sebulan sekali


semoga setahun ke depan lebih seru dan membahagiakan yaaa!

^_^
di antara rintik hujan,
ku temukan raut mu
menari-nari dalam sepi

di antara daun gugur,
ku temukan senyum mu
terduduk rapi berseri

di antara kelopak bunga,
ku temukan rasa mu
mendongak asa isi hati

di antara sebuah aku,
ku temukan diri mu
bersembunyi
meringkuk ringkih.


untuk mu,

semoga berbahagia disana
sampai sekarang, puisi ini menjadi salah satu puisi yang paling saya suka.
puisi ini karya M. Aan Mansyur, judulnya Bermain Hujan.
entah kenapa, saya emang suka hujan. bau nya, suasana nya, udara nya, langit nya, dan lain-lain.  Sukaa!
mungkin itu sebabnya saya suka puisi ini.
kalo ngga salah, saya dapet puisi ini dari kompas minggu, di kolom Sastra.


Namanya Ellenduani Aprila, panggilannya Duan, anak kedua dari dua bersaudara. Saya kenal dia sejak masih duduk di bangku SMP, tepatnya di SMP 115 Jakarta. Waktu itu saya ngga kenal deket sama dia, yang saya tau dia satu sekolah sama saya dan suka pesen makanan ketring makan siang ke ibu saya. hehe

Masuk SMA, kami satu sekolah tapi ngga pernah satu kelas. Kebetulan kami satu ekstrakulikuler di Unit Kesenian (UK), dia masuk Tari Tradisional saya masuk Teater. Waktu kami kelas XI, kami bareng-bareng ngurus Pentas Kolaborasi UK. Nah..
Tuhan baik sekali ke saya! Baru berdoa beberapa pekan lalu, eh langsung dikabulkan!

kun fayakun! Jadilah! maka jadilah!

saya cerita ke tuhan, saya pengen belajar dan berkontribusi di bidang sosio entrepreneurship. Soalnya saya pengen bikin program pemberdayaan masyarakat suatu hari nanti, jadi pengen belajar dulu gimana cara bikin dan membuat itu berjalan.

kemudian..

2 hari yang lalu tidur saya ngga nyenyak, mimpi ini mimpi itu, kebanyakan mikir ini itu, guling sana guling sini..

tiba-tiba.. saya kebangun sekitar jam 4an dan saya ngecek hp. Ada sms masuk, lalu saya balas sms dari kawan saya. Rupanya, kawan saya itu sudah bangun juga dan dia langsung balas sms saya.

Kata orang, kalau mau punya teman atau sahabat maka jadilah seorang sahabat.

Tapi ternyata dikehidupan nyata, kondisinya tidak sesederhana itu. Bisa jadi kita sudah menganggap seseorang adalah sahabat, sedangkan dia hanya menganggap kita teman biasa. Bisa jadi kita sudah menganggap dia teman kita, tapi ternyata dia hanya menganggap kita sebagai kenalan. Bisa jadi kita sudah menganggap dia orang dekat tapi dia hanya menganggap kita orang asing.

Film ini termasuk genre film omnibus atau antalogi film, yaitu film yang terdiri dari beberapa cerita, bisa saling berhubungan ataupun tidak berhubungan sama sekali. Biasanya setiap cerita punya satu jalan merah, bisa berupa tempat (Paris Je T’aime), barang, atau pun tema cerita (Valentine’s Day). Genre film omnibus mulai banyak disukai di Indonesia, misalnya aja ada Dilema, Hi5teria, Faces of Fear (Takut), Fisfic 6 vol. 1, Perempuan Punya Cerita, Jakarta Maghrib, Sanubari Jakarta, Sinema Purnama, Cinta Setaman, dan lain-lain

Di film rectoverso, ada 5 cerita yang tidak saling berhubungan namun memiliki satu benang merah yaitu Cinta yang Tak Terucap.
genre..

komedi, animasi, film keluarga

sinopsis..

film The Croods bercerita tentang satu keluarga manusia goa yang tersisa di zaman pra sejarah. Mereka selalu berjuang untuk mempertahankan diri dari berbagai serangan hewan buas dan bencana alam. Mereka punya aturan dan kepercayaan yang harus selalu ditepati, seperti tidak boleh ada aturan baru, keingin-tahuan akan menimbulkan bencana, goa adalah tempat yang paling aman, dan sebagainya. Akhirnya mereka sering kali hanya bertahan di dalam goa (namanya juga manusia goa).

halo kawan-kawan! Beberapa minggu lalu saya ikut workshop mendongeng yang dibuat oleh kak @aiodongeng dan kawan-kawannya. Acaranya di perpustakaan pusat UI, seru banget deh! Ini saya bikin resume nya, siapa tau ada kawan-kawan yang pengen belajar juga..

*

Ada dua cara mendongeng, yaitu mendongeng dengan teks dan mendongeng tanpa teks. Dua cara tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Saya lagi merasa diri saya ngga keren dan agak minder. Temen-temen dekat saya udah keren-keren, ada yang udah jadi pengusaha, ada yang baru mulai bisnis bareng temen-temen yang keren, ada yang udah diajak project lapangan ini itu sama peneliti-peneliti, ada yang udah kerja dan punya duit sendiri, dan lain-lain.

Sedangkan saya belum ngapa-ngapain, cuma jadi guru les dan jadi guru les itu ngga keren. Huff. Kemarin saya bikin tulisan tentang hidup ideal buat saya. Setelah saya pikir-pikir, sepertinya ngga sesederhana itu. Hidup ideal itu harusnya hidup yang membahagiakan. Nah sekarang yang bikin saya bahagia apa?
Salah satu kerjaan saya adalah jadi guru les. Kerjaan sederhana ala mahasiswa hahaha sebenernya saya guru les bimbingan belajar, yang ngajar di kelas-kelas, tapi kadang saya juga ngajar privat. Nah ini yang mau saya ceritain.. tentang ngajar privat anak komplek.. :D

Saya menemukan beberapa persamaan yang hampir saya jumpai ketika saya ngajar privat anak kompek.. ini dia:
Itu pertanyaan dari sahabat saya, Eru, yang menurut dia perlu saya pertanyakan ulang ke dalam diri saya. Lalu dipikirkan bagaimana mewujudkannya. Kenapa sih harus dipertanyakan ulang? Supaya hidup kita ada tujuan, bisa bermakna, dan menghasilkan sesuatu, bukan cuma hidup lalu mati.

Pertanyaan semacam itu dia dapat dari temen-temen dia di @impossible_ID (Mereka kumpulan orang-orang keren yang penuh ide gila dan mau berjuang untuk mewujudkannya. Eru sering banget cerita tentang temen-temennya ini ke saya dan saya takjub juga minder.). Bagi mereka, “daripada ngeluh dan marah-marah sama kondisi, mending kita mikir dan bertindak menjadi perubahan yang kita ingin kan aja”
Menurut Massachusetts Department of Early Education and Care, ada 7 prinsip penting yang harus selalu ada dipikiran kita setiap kita bekerja bersama anak-anak dan kurikulum preschool, yaitu:

  1. Semua anak mampu belajar. Semua anak dapat menghasilkan perkembangan positif, jadi guru preschool harus memiliki harapan tinggi terhadap semua anak. Kalau dari awal sudah pesimis ya susah.
Buat perempuan, alas kaki berupa sepatu/sandal bisa jadi barang yang sangat penting. Bahkan bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri (PD). Serius! Sepatu/ sandal itu kita pakai tiap hari loh setiap kita keluar rumah. Penghubung antara kita dan bumi. Kalau sepatu/sandalnya nyaman dan kita merasa keren pakainya, bisa jadi PD seharian, tapi kalo sepatu/sandalnya ngga nyaman dan kita ngerasa ngga keren pakai itu, pasti juga jadi ngga PD seharian. Padahal, PD dari segi penampilan itu poin dasar buat kita melakukan aktivitas.

Nah karena itu, menurut saya ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan..
Kemarin saya habis baca blognya Joko Anwar di jokoanwar.tumblr.com dan saya nemu film pendek bikinan dia. Ada dua film pendek romantic comedy yang saya tonton. Pertama judulnya Durable Love, yang kedua judulnya Fresh to Move On. Dua film ini pas banget sama kehidupan cinta saya hahahaha.. 

ini dia filmnya:
Dari beberapa pekan lalu saya baca banyak blog, mulai dari blog temen-temen, artis twitter, dan lain-lain yang kebetulan ada link nya. Seru deh baca cerita-cerita orang! Ada orang yang cerita serius dan formal, ada yang bercanda-canda, ada yang kegiatan sehari-hari aja.. haha yang bikin menarik adalah mereka bisa menuliskan itu semua dengan ringan dan enak dibaca. Hal-hal sederhana aja bisa loh mereka tulis dan bikin orang lain yang baca jadi belajar sesuatu! Bahkan saya bisa naksir seseorang gara-gara sering baca blog nyaa *uups* ;)

Yang namanya rejeki emang udah diatur tuhan.

Tuhan saya Maha Baik dan Maha Pengertiaan deh. Entah kenapa setiap saya lagi butuh uang dan punya rencana baik soal uang, pasti Dia kasih jalannya. Kayak hari ini..

Hari sabtu kemarin saya datang ke pernikahan teman SMA saya. Ada beberapa temen yang seumuran saya sudah menikah, dan saya datang ke pernikahan mereka. Bagi saya, sebuah pernikahan itu selalu menarik, apalagi temen-temen seumuran. Aura positifnya, semua senyum orang-orang sekitarnya, pancaran mata bahagianya.. Tapi disisi lain, selalu terlintas dipikiran saya, apa ya yang membuat mereka membuat keputusan untuk menikah? Gimana mereka bisa merasa yakin? Gimana mereka bilang ke orang tua masing-masing? Apa perbedaan hidup sebelum dan setelah menikah? Dan sejuta pertanyaan lain-lainnya
Ini tempat penelitian skripsi saya! :D

Stasiun Penelian Way Canguk (SPWC atau saya nyebutnya Canguk) itu masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang dikelola oleh Wildlife Conservation Society – Indonesia Program (WCS-IP), lokasinya di desa Pemerihan, Lampung. Saya kesana bulan Juni dan Oktober 2012 untuk ngambil data penelitian tentang Dipterocarpaceae. Buat saya, tempat ini sungguh sangat menarik, karena hutan disana masih alami dan masih banyak flora fauna yang jarang bisa ditemui di tempat lain, juga banyak pengalaman-pengalaman baru yang saya dapat disana.

ini masih cerita tentang perjalanan saya ngambil data penelitian di Way Canguk, Lampung..

sebelum saya kesana, saya mengumpulkan berbagai informasi soal kondisi di lokasi, terutama dari temen-temen yang sudah pernah ke sana. Salah satu yang bener-bener saya khawatirkan dari informasi yang saya kumpulkan adalah.. di sana super banyak PACET. ya.. pacet..

Hari pertama film Habibie Ainun tayang di bioskop, saya dan Puji langsung nonton bareng film itu di Depok Town Square (detos). Sebenernya saya bukan orang yang rutin nonton di bioskop dan saya juga jarang nonton film Indonesia di bioskop.  Nah, kali ini saya mau nonton Habibie Ainun di bioskop karena lagi pengen ngeliat yang romantis-romantis, ngeliat pasangan unyu-unyu sesering mungkin. Biar jadi referensi buat kehidupan saya kelak (apa coba).

Secara keseluruhan jalan cerita saya udah tau, tapi tetep aja nangis sampe mata bengkak banget dan keliatan banget habis nangisnya. Soalnya saya orang yang gampang terharu sih, bahkan untuk adegan yang ngga sedih, saya nangis. Misalnya saat Habibie pulang telat lalu cuma dengan ngeliat Ainun dia bisa tau kalo Ainun lagi galau.  Habis itu dengan seksama Habibie dengerin kegalauan Ainun dan dengan kata-katanya yang rapi dia menenangkan Ainun. Adegan itu aja udah bisa bikin saya nangis. Meeennn, laki-laki sesibuk Habibie, baru pulang kerja capek-capek masih mau dengerin istrinya loh! Saya bakal digituin juga ngga ya sama mas suami di masa depan..

Dari segi keaktoran, saya suka sekali dengan peran Reza Rahardian sebagai Habibie. Bener-bener total! Cara bicara, jalan, duduk, berdiri, senyum, ketawa, semuanya bener-bener mantab! Emang dia selalu bagus dan total sih dalam memainkan peran. Buat Bunga Citra Lestari, buat saya agak kurang total sih perannya.. Apalagi saat Ainun sudah tua, peran BCL masih kurang tua dari umur Ainun seharusnya pada saat itu. Habis itu, pemeran-pemeran pendukungnya agak kurang gereget juga, tanggung, ngga keliatan.. saya bahkan ngga ngeliat peran yang keliatan bagusnya kecuali perannya Reza.

Hal yang sangat ganggu juga adalah iklan dimana-mana. Ganggu pandangan mata sekali karena seperti asal tempel dimasukin ke adegan-adegan.  Bikin ngga fokus ke adegannya.

Bagaimanapun, ada beberapa hal juga nih yang saya dapat dari film itu:
  1. Habibi udah se-diterima banget-nya sama Jerman dan pasti gaji dia saat itu udah sangat banyak, tapi dia teguh ingin berbakti pada bangsa dan bener-bener memakai kepintarannya untuk ngurus bangsa.  Ayolah, kita juga pasti bisa berbuat sesuatu untuk bangsa ini. Ibarat kata, kalo kata BEM UI, “jadilah perubahan yang kamu inginkan dalam bangsa ini sesuai dengan passion mu”.
  2. Berapa lama Habibi mewujudkan cita-citanya? 32 tahun. Selama itu dia selalu berusaha dan belajar. Butuh waktu dan perjuangan panjang untuk mewujudkan cita-cita besar tentunya, jadi kita harus percaya cita-cita kita bisa terwujud. Ibarat kata, kalo kata Agnez Monica, “dream, believe, make it happen”.
  3. Semua tentang Ibu Ainun. Keluarga adalah nomor satu bagi dia. Perempuan pintar, sabar, rajin, dan cantik. Seperti kriteria istri dan ibu idaman pada umumnya. Yah begitulah..


Tiga hal itu sih yang sangat ngebekas di ingatan saya. Terus, saya sebenernya penasaran juga dengan manajemen emosi pak Habibie dan Ibu Ainun dalam rumah tangga mereka, karena ngga diceritakan sama sekali tentang ‘gimana mereka kalau lagi berantem’.

Secara garis besar saya suka sama filmnya, romantis banget pak Habibi.. :3

“Don’t compare your love story to those you watch in movies. They’re written by scriptwriter, yours is written by God.” - Ellenduani
kita masih berada dalam sebuah koma

kita rangkai segala yang manis
                  menjadi pola pola m a n j a

                  terlalu manja
                  hingga kata kata berlekatan mesra,
                                   t a k  i n g i n  d i l e p a s,
                                                    t a k  i n g i n  d i u r a i

,

kita masih berada dalam sebuah koma
                  k  o   m   a     panjang tak bertepi

,

kita masih merangkai pola

   "agar taman hati kita selalu terbungkus bunga-bunga",
                                                                             begitu katamu

,

kita masih merangkai kata

   "agar kata kata yang tak pernah menjelaskan kita
                                               selalu menjahit taman hati,"
                                                                               begitu katamu

,



***

tata letak dalam puisi ini diinspirasi oleh buku kumpulan puisi Agus Noor, Ciuman yang Menyelamatkan dari Kesedihan.
?


kita memulainya dengan tanda tanya
merangkainya dengan koma
dan mengakhirinya dengan titik

kita adalah kita yang kita rangkai menjadi kita
kita bahkan adalah kalimat-kalimat mesra
yang kita tulis di dinding kota

,

kita adalah kita
aku dan kamu
mungkin suatu hari nanti kita akan menjadi
kamu dan aku

entah


.