prinsip bermain dan belajar bersama anak-anak

, , No Comments
Menurut Massachusetts Department of Early Education and Care, ada 7 prinsip penting yang harus selalu ada dipikiran kita setiap kita bekerja bersama anak-anak dan kurikulum preschool, yaitu:

  1. Semua anak mampu belajar. Semua anak dapat menghasilkan perkembangan positif, jadi guru preschool harus memiliki harapan tinggi terhadap semua anak. Kalau dari awal sudah pesimis ya susah.
  2. Perkembangan setiap anak berbeda-beda. Meskipun pengembangan keahlian dan kompetensi secara umum sama, anak-anak tidak meresponnya dengan cara yang benar-benar sama dan di waktu yang sama. Beberapa anak dapat menerima materi dengan lebih lambat atau lebih cepat.
  3. Pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting untuk pengembangan dan implementasi program. Pemilihan kurikulum yang sesuai dengan kelompok-kelompok anak dan anak secara individu, harus berdasarkan perkembangan pengetahuan anak dan observasi saat anak-anak bermain. Jadi, kurikulum yang diberikan dapat lebih efektif diterima oleh anak. 
  4. Kemampuan bahasa anak adalah indikator terbaik dalam kesuksesan akademik anak. Ini harus jadi tujuan utama dalam kurikulum preschool, karena masa anak-anak adalah waktu penting dalam perkembangan perbendaharaan kata dan belajar bahasa lain. Selain itu, kemampuan itu juga memberikan dasar bagi anak dalam belajar membaca dan menulis pada tingkat akademik di masa mendatang.
  5. Bidang-bidang pengembangan sangat saling terkait. Perkembangan pada suatu bidang dapat memberikan pengaruh pada perkembangan di bidang lain. Keterkaitan ini harus disadari dalam membuat perencanaan program preschool.
  6. Anak-anak belajar sambil melakukan (learn by doing). Guru harus menyediakan kesempatan untuk anak mengeksplorasi berbagai material, untuk meningkatkan aktivitas fisik, dan untuk berinteraksi dengan teman-temannya dan orang dewasa. Keseimbangan dalam aktivitas-aktivitas tersebut dapat memaksimalkan kemampuan anak dalam belajar. 
  7. Keluarga adalah pengasuh dan pendidik utama anak-anak. Staf dalam program harus memberikan informasi yang dibutuhkan keluarga anak untuk mendukung perkembangan dan pembelajaran anak mereka. Staf program juga harus bekerja sama untuk memastikan anak mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik di rumah dan di preschool.

referensi: http://goo.gl/9K5zl

***


tertanda:

Diny Hartiningtias, calon guru preschool dan TK ;)

0 comments:

Post a Comment