what can make me happy?

, , No Comments
Saya lagi merasa diri saya ngga keren dan agak minder. Temen-temen dekat saya udah keren-keren, ada yang udah jadi pengusaha, ada yang baru mulai bisnis bareng temen-temen yang keren, ada yang udah diajak project lapangan ini itu sama peneliti-peneliti, ada yang udah kerja dan punya duit sendiri, dan lain-lain.

Sedangkan saya belum ngapa-ngapain, cuma jadi guru les dan jadi guru les itu ngga keren. Huff. Kemarin saya bikin tulisan tentang hidup ideal buat saya. Setelah saya pikir-pikir, sepertinya ngga sesederhana itu. Hidup ideal itu harusnya hidup yang membahagiakan. Nah sekarang yang bikin saya bahagia apa?

Kalau bahagianya tergantung orang lain, artinya itu belum beneran bahagia. Misal, saya bahagia bikin pacar seneng atau ngeliat dia berhasil mendapatkan yang dia ingin capai dalam hidupnya. Terus kalau dia ngga lagi seneng, saya juga ngga bahagia gitu? Ini artinya kebahagiaan saya masih tergantung orang lain. Iya ngga sih? Padahal, hidup bahagia itu datangnya dari diri sendiri, merasa hidup berkecukupan juga datangnya dari diri sendiri (dan tuhan tentu saja).

Barangkali saya ngerasa begini karena kurang bersyukur kali ya. Jauh dari tuhan, jadi hidup selalu ngerasa kurang.

Jadi sekarang saya harus ngapain? Saya bosen jadi penonton, ngeliat orang lain pelan tapi pasti terus berubah jadi orang yang lebih keren sedangkan saya masih gitu-gitu aja. Coba saya runut yah, apa yang menurut saya harus saya lakukan sesegera mungkin..

Banyakin memperdekat diri sama tuhan. Yang penting hati tenang dulu deh nih, aman, nyaman, dan tenang. Kalau hati udah ngebatu gini jadi ngga enak ngapa-ngapain.

Stop baca dan denger cerita orang keren. Bukan karena ngga suka ngeliat atau dengernya, tapi hal-hal kayak gitu malah bikin saya makin minder. Dih, payah bener yah? Harusnya malah bikin semangat.

Kerjain hal-hal yang saya pikir itu menyenangkan buat saya. Crafting? Teaching? Itu beneran bikin saya seneng ngga sih? Harus dicari tau, cobain!

Baca buku tentang cara menemukan passion. Ini udah telat banget sih buat umur saya yang udah setua ini. Tapi ngga papa kan ya.. daripada makin telat.

Nyobain masuk komunitas baru. Ketemu orang-orang baru, belajar komunikasi yang lebih baik ke orang lain. Mungkin komunitas mendongeng? atau ngajar anak jalanan? Cobain aja

Selesaikan skripsi. Skripsi itu ganggu pikiran banget deh. Selesain cepetan biar bisa kerjain yang lain-lain.

Ngga usah banyak mikir, kerjain sekarang!

Terus apa lagi? Habis itu semua dikerjain, saya bakal jadi bahagia ngga?

0 comments:

Post a Comment