Carrot Cake

, , No Comments
Saya dan mirza lagi menemukan keasikan baru dalam berpacaran, yaitu masak bareng!! Hihihii yang dimasak baru jenis-jenis kue dan minuman sih.. soalnya kami belum bisa masak makanan besar.

Salah satu resep favorit kami adalah Carrot Cake. Ide membuat Carrot Cake sebenernya diawali sama Mirza yang iseng mencari resep, cari-cari kue yang bisa dimakan sambil ngopi dan Voila! Dia menemukan resep ini.


Bahan:
4 telur
300 ml minyak
300 gram gula putih
2 sendok teh ekstrak vanilla
250 gram tepung
2 sendok teh baking powder
½ sendok teh garam
2 sendok teh bubuk kayu manis
4 wortel ukuran sedang, diparut
150 gram kacang almond

Topping:
200 gram salted butter
250 gram cream cheese
250 gram gula halus
1 sendok teh ekstrak vanilla
1 sendok teh bubuk kayu manis
kacang almond secukupnya

Cara membuat:
  1. Oven dipanaskan 175oC, kalau kami menggunakan oven listrik dan dinyalakan 5 menit sebelum adonan dimasukkan
  2. Telur, minyak, gula, dan ekstrak vanilla dikocok hingga rata dan sedikit mengembang.
  3. Tepung, baking soda, baking powder, garam, dan bubuk kayu manis dimasukkan sedikit-sedikit sambil kocok dengan kecepatan rendah.
  4. Parutan wortel dimasukkan sambil diaduk perlahan.
  5. Adonan ditambahkan kacang, lalu diaduk.
  6. Adonan dimasukkan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega dan ditaburi tepung, lalu dipanggang di dalam oven sampai matang atau kira-kira 30 menit.
  7. Untuk topping: butter dan cream cheese dikocok hingga rata, lalu gula halus dan ekstrak vanilla dimasukkan dan dikocok hingga halus dan creamy. Campur dengan kacang almond, lalu dioles ke atas kue.


Resep ini adalah modifikasi resep dari sini.

*

Yeay! Akhirnya kue ini berhasil dibuat! Rasa wortelnya tidak terlalu terasa, cocok buat saya yang tidak terlalu suka rasa sayur hehe


Kami sudah 3 kali bikin kue ini, yang pertama untuk di rumah, kedua untuk teman-teman Mirza, dan ketiga untuk seminar skripsi saya. Ketiganya berhasil, meskipun kue kedua agak terlalu manis. Tapi sepertinya kue ini adalah kue anti gagal, tinggal masuk-masukin bahan, aduk-aduk, ditaburi cinta, lalu jadi deh.. hehe

Btw, menurut penelitian Universitas Wisconsin, wortel mengandung banyak likopen.  Likopen memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penurunan fungsi mata. Selain itu, berdasarkan penelitian Maryland Medical Center, makanan yang mengandung banyak likopen seperti wortel, akan lebih mudah dicerna tubuh bila dimakan setelah dimasak, bukan mentah. Terutama kalau direbus atau dikukus sih. Tapi wortel yang dipanggang pun masih terdapat 50% likopen, jadi selain enak, Carrot Cake juga bergizi! (sumber ini dan ini)


Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment