pengalaman sakit: Infeksi Saluran Kemih

, , 48 comments
Hai hai!

Setelah mengalami beberapa sakit yang agak aneh-aneh, sepertinya saya perlu menulis pengalaman sakit ini biar bisa menjadi pembelajaran teman-teman dan diri sendiri.

Pada dasarnya, saya jarang sakit flu atau demam. Tapi begitu sakit, biasanya malah muncul penyakit yang aneh-aneh, hikss :(

okey, mari kita mulai cerita pengalaman sakit yang pertama, yaitu sakit Infeksi Saluran Kemih!

***

Sakit apa sih?

Infeksi saluran kemih (pyelonephritis) umumnya disebabkan oleh bakteri jahat yang menyerang saluran kemih kita. Selain bakteri, bisa juga jamur atau virus yang menyerang (harus cek urin di laboratorium untuk lebih pasti). Bakteri yang paling banyak menyerang adalah Escherichia coli (E. coli), alias bakteri yang banyak di feses. Selain E. coli, ada pula bakteri Klebsiella, Enterobacter, Proteus, Enterococcus, dan Pseudomonas.
Escherichia coli
(sumber gambar : http://goo.gl/dftL2e)

Awalnya, bakteri ini menyerang di saluran paling bawah (uretra), paling dekat dengan dunia luar. Namun, lama kelamaan bakteri bisa naik ke atas, kantung kemih atau bahkan ginjal! (liat gambar)

saluran kemih (sumber gambar : http://goo.gl/QB9jmZ)

Penyakit ini perlu tindakan medis, karena kalau dibiarkan maka dapat merusak ginjal dan bakteri bisa masuk ke darah lalu menjalar-jalar selalu kian kemari.

Tanda dan Gejala

  • Rasa aneh di ujung uretra (ujung saluran pipis) saat mau pipis, perpaduan antara sakit dan panas. Rasa aneh ini muncul dari reaksi bakteri saat terkena urin.
  • Susah menahan pipis, sehingga sering pipis
  • Sakit perut di kantung kemih atau perut bawah
Kalau sudah ada tanda-tanda ini, sebaiknya kita lebih banyak minum air putih, karena kemungkinan besar kita sudah terkena infeksi. Banyak minum air putih artinya adalah minum air putih 3 liter, kalo ngga bisa ya semampunya aja hehehe (pasien nakal). Bila sakit berlanjut maka akan terasa:

  • Sakit tak terhingga di punggung bagian belakang atau pinggang belakang
  • Demam
  • Katanya sih bahkan bisa ada nanah atau darah di urin (untung saya ngga)
sakit di bagian pinggang belakang
sumber gambar: http://goo.gl/BnKbIA
Kalau sudah sakit sampai ke pinggang, artinya bakteri sudah sampai di ginjal sodara-sodara! Ginjal sudah terserang banyak bakteri jahat! Segera lah ke dokter!

Pencegahan
  • rajin serajin-rajinnya minum air putih
  • rajin serajin-rajinnya pipis
  • saat membersihkan kelamin, arah tangan adalah dari belakang ke depan bukan sebaliknya
  • lap kelamin dengan tisu toilet setelah pipis, agar kelamin tetap kering. Ini dilakukan untuk mengurangi kelembaban, sehingga bakteri tidak mudah berkembang
  • makan yang sehat dan olahraga yang rutin, supaya imunitas tubuh tetap terjaga
  • jangan mandi berendem dulu, pakai gayung atau shower aja
  • buat perempuan yang sering keputihan, segera obati keputihannya. Karena keputihan dapat menyebabkan Infeksi Saluran Kemih berulang
  • kalau sudah menikah, langsung minum air putih setelah berhubungan suami istri. Agar bakteri yang mungkin masuk, langsung dikeluarkan
Pengobatan
  • minum air putih sebanyak-banyaknya, waktu itu sih saya disuruh minum 3 liter sehari
  • antibiotik. Ingat! Antibiotik tidak bisa diminum sembarangan, jadi segera lah ke dokter, biar mereka yang menentukan berapa dosis dan jenis antibiotiknya
  • kalau sakit nya sangat sakit biasanya sih dikasih obat penghilang rasa sakit. Tapi cuma boleh diminum saat sakit aja

***

Waktu saya sakit, rasa sakitnya sampe ke pinggang dan semaleman sakit sampe susah jalan :( terus berobat ke Pusat Pelayanan Kesehatan di UI deh, alhamdulillah setelah antibiotik habis (minum obat 5 hari), sudah sembuh dari rasa sakit..

Demikian cerita-cerita dari pengalaman sakit sayaaa!
Oleh karena saya bukan dokter, jadi kalau ada salah-salah mohon dikoreksi yaa..
Bila sakit berlanjut hubungi dokter! wataaaaww!

48 comments:

  1. Diin gue jg pernah ISK (infeksi saluran kencing) baru2 ini. Tp berbeda sm lo. Gue ga ngerasain sakit sama sekali. Tp tau2 gue hematuria, kencing darah, selama beberapa hari.tiap kencing warnanya kaya bercampur darah. Langsung deh dikasi antibiotik dan skrg udh normal lg syukurnya. Dr hal2 sepele, bisa parah akibatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa serem bangeettt feeb..
      iyaa harus rajin minum dan pipis apalagi kalo banyak kegiatan ya feb hhuhu

      Delete
    2. Sama kaya apa yg saya alami sekrang bang,,masa tau² gitu kencing sakit hari kedua demam sama nyeri sekujur tubuh hari ketiga nih malah kencing darah tapi udh ga sesakit kencing hari pertama dan kedua.. Doain yaa cepet sembuh jugaa

      Delete
  2. Aq juga tp gak krasa apa" cuma pipis yg gak terkontrol (tidak bisa ditahan), tp kata dokter kok karna gula puasaku diambang batas normal sama kolesterol tinggi di atas normal dikit, ada sedimen di leukosit juga, ini uda sebulan lebih masih pipis", kolesterol turun 18 poin, glukosa puasa naik 1 poin, leukosit uda agak baikan.
    benernya aq nih bingung tergolong penyakit inikah ato diabet-kolesterol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku kurang tau sih.. mungkin coba cari second opinion ke dokter lain hehe

      Delete
  3. emang rasanya perih banget klo maup buang air kecil...

    ReplyDelete
  4. Iya saya lagi kena ISK ini. Utk kasus saya, menurut dokter karen saya lebih banyak minum softdrink, kopi,pop ice dll daripada air putih. Walopun sama2 3liter,tapi harusnya porsi air putih lebih banyak. Anyang2an parah, badan panas menggigil, perut bawah nyeri hebat, pas di akhir pipis sakitnya luar biasa, (maaf) di alat kelamin ada rasa panas dan pipisnya bercampur darah. Ke dokter diberi macam2 obat termasuk antibiotik, utk 5 hari. Berangsur membaik. Minum air putih bergalon2 pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah baru tau ternyata bisa karena kebanyakan minum yang bukan air putih ya.. semoga cepat sembuh yaa..

      Delete
  5. Aku baru ngalamin isk kemarin malam, kejadiannya seperti ini, pukul 4 sore sampe pukul 7 malam aku mengalami ayang ayangan, pas pukul 7-11 malam aku mengalamin sakit pinggang kanan bawah menjalar ke kiri kanan dan depan, sakitnya awalnya kayak pegal lama kelamaan pegalnya menjadi jadi dan akhirnya disertain nyeri, sakitnya ga ilang ilang, bahkan dengan cara apapaun, nahan napas ga membantu, atur napas ga membantu, tempelin air anget ga membantu dipijat tambah sakit. Di doa doain malah nambah panas, rasanya udah pingin pinsan aja, biar ga terasa sakit, bahkan sampe doa moga moga pinsan saya, akhirnya jam 11 malam aku di bawa ke IMC masuk IGD, dikasih obat lewat suntikan, ga sampe 1 menit langsung ilang tuh sakitnya sampe lupa kalau tadi sampe jerit jeritan karna ga kuat nahan sakit, akhirnya saya pulang dan di bawain obat, sampe sekarang (udah 24 jam berlalu) aku ga sakit lagi nih, emang hebat dokter itu, besok jam 7 malam aku mau periksa ke bagian urologi biar di ronsen atau apalah biar ga keulang lagi sakitnya, karna ini pengalaman ke dua ku, dulu pas ISK yang pertama aku juga sama persis sakitnya, cuma punggung bawah bagian kiri mula mula sakitnya dan hilangnya pas di masukin obat lewat dubur sama dokter puskesmas, jujur enakan disuntik aja lebih cepet ilangnya, kalau ada yang mau tanya info lebih lanjut tentang pengalamanku saat ISK langsung email ke banu_snp@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Mohon bagi pengalamanya apa obat yg anda minum bisa sembuh dari penyakit isk tsb. Trims.

    ReplyDelete
  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  8. Saya sekarang lagi mengalami penyakit isk. Obat ap yang cepat sembuh ya

    Makasih

    ReplyDelete
  9. Saya sekarang lagi mengalami penyakit isk. Obat ap yang cepat sembuh ya

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai uricran ada yg kapsul dan bubuk itu bisa membantu utk sakit anyang2an

      Delete
  10. Saya pernah kena isk tp masih ringan sih gak sampek berdarah gtu pipisnya, dikasi resep levofloaxid minum 1 pil sehari tiap pagi, selama 8 jam aku pipis2 terus, 4 hari kemudian sembuh. kalo anakku masih 5th kena isk juga sampek berdarah dikasi resep sporetik sirup kering 1 1/2 sendok teh 2x sehari, sampek habis blm sembuh tp obatnya enak kata anakku, trs kontrol dikasi cefixime sirup kering 2x sehari 1/2 sendok teh, Alhamdulillah 3 hari sdh tuntas... tinggal ngabisin anti biotiknya aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis mohon maaf mau ty dun dokter nya dimna ya itu?

      Delete
  11. Hai kak, sepertinya aq juga sedang mengalami gejala ringan ISK, skrg cuman d minum amoxcilin doang, mohon pencerahan dong agar bisa sembuh, perut saya suka sakit, dan piip juga berasa sakit nyeri gitu...

    ReplyDelete
  12. Mba aku lg hamil kaya kena isk soalnya sampe demam dan perut bagian bawah nyut2an. cuma dikasih paracetamol sama vitamin dari bidan, jika ingin beli antibiotik sebaiknya apa ya yg aman dan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan beli antibiotik sendiri mbak. Ngikut bidannya aja minum paracetamol dan vitamin, tambah minum air putih sebanyak-banyaknya. Takutnya pengaruh ke kandungan kalau minum antibiotik

      Delete
  13. Mba aq lg kena isk Seminggu di rumh aq coba tahan aq cm minumin tanaman kumis kucing, tp lama2 ga tahan karena pinggang rasa mau patah, BAK terus2an, perut membesar sakit
    Singkat cerita 3 hari yg lalu aq masuk igd, setelah di periksa darah dan urin karena urin leukosit q naik 30 poin, dokter bilang aq harus dirawat,alasannya ditakutkan bakteri lebih cepat dibanding obat mnmnya, karena takut ginjalnya kena, tp suami q bilang plg aza krn dia masih trauma dgn rmh sakit semenjak kami hrs kehilangan anak ke 2 krn dokter yg slh diagnosa, jd sy plg
    Yg sy ingin tanyakan dr pengalaman yg pernah isk, setelah sdh 3 hari isk mnm obat apakh masih terasa pinggang ke bawah tertama kaki seperti pegal jadi lemas, perut masih bega atau membesar dan mual???? Karena saya merasakan itu
    Mohon sharing teman2
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. G semua dokter bisa salah diagnosis mbak, drpd pulang dan gatau apa yg bakal trjadi apalagi sekedar tanya" org yg bukan ahli ny ya mending ke dokter sambil berdoa dpr dokter yg bener, get well soon

      Delete
  14. Maaf mba mau tanya, proses penyembuhan infeksi saluran kemih ini dgn minum air putih proses untuk sembuhnya kira2 berapa lama ya? Apa jangka waktu penyembuhannya lebih dari satu bulan agar infeksi saluran kemihnya sembuh?

    ReplyDelete
  15. Sekarang sya lagi ngalamin isk, sakitnya kebangetan.. Nggk nahan, 3 hari yg lewat brobat ke dokter, dan sudah mendingan. Tapi pagi ini kmbh lagi,, menggigit kayak orang halangan gitu,, pipis nya ngkk brenti2, smpe pake pempers. . Mau tau dong pantangan nya apa ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kurangi minum yg bukan air putih seperti pop ice, softdrink dan kopi
      2. Jgn menahan buang air kecil
      3. Jgn minum air dingin setelah lelah sehabis beraktivitas
      4. Jgn membersihkan kemaluan dgn air toilet yg tidak bersih

      Delete
  16. jika ISK melanda...
    antibiotiknya Ciprofloksasin 500 mg 2x1hari. sampai 5 hari
    untuk meredakan ngilu ngilu pinggang kanan hingga perut bawah minum Buscopan plus 2x1

    ReplyDelete
  17. dan jangan ngopi dan nge teh dlu.
    banyak minum air putih saja.
    jgn makan kacang2an.
    okay...

    ReplyDelete
  18. Web nya bagus untuk saling bertukar informasi dan pengalaman. Sangat membantu bagi penderita dan mungkin saudara atau kerabat yg membutuhkan info saat kita cari-cari informasinya. Semoga hal-hal seperti ini yg selalu berkembang di negara kita dan saling tukar info ini sangat positif.

    ReplyDelete
  19. Saya juga baru menderita isk mbak. Sore kmarenBadan mengigil keringat dingin perut bagian bawah terasa sangat sakit sampe buat gerak pun sakit. Kemudian saya kompress pake botol air anget di bagian punggung bawah alhamdulillah lumayan meredakan nyeri..paginya saya berobat ke dokter diberi ciprofaxin dan ranitidine sama dokter. Ini dah 2 hari lumayan meredakan rasa sakit. Yg mau saya tanyakan mbak suami saya kan perokok berat dan tiap hari saya terpapar asap rokoknya. Apakah itu juga mempengaruhi atau memperburuk isk saya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Sy juga terkena isk, sudah 5 hari diminumi obat belum sembuh", sempat sembuh tp kambuh lagi. Sudah rajin minum air putih juga,juga sudah rajin pipis. Tp krn ruang kerja sy berAC jadi tambah parah rasa ingin pipisnya. Dan sampai sekarang, nyeri saat pipispun msh sy rasakan. Adakah solusi dari teman" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl bisa minum air putih hangat jika haus perbanyak minum air putih min. 2 liter/hari jika isk kambuh coba kompres dengan handuk hangat/botol yg berisikan air hangat. Jgn lupa membersihkan kemaluan dgn arah yg benar dari depan kebelakang bukan sebaliknya semoga membantu!

      Delete
  21. Sekarang saya lagi kena isk sakiit nya luar biasa kalau pipis saya harus ngeden sekuat kuatnya supaya pipisnya tuntas udah kedokter dan dikasih antibiotik tp masih sakit aja ya sampai meriang adakah obat traditional untuk mempercepat penyembuhan ? Kalau malam juga bolak balik pipis jadi gak bisa tidur solusinya gimana ys

    ReplyDelete
  22. Saya isk udh seminggu nih . Ke apotik minta obat anyang2an di kasih naclek . Obat apa yaa yg cpt sembuh nya udh gk tahan rasa sakit pas pipis nya 😞😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minum uricran bisa beli diapotik century, watson dan kimia farma tersedia kapsul dan bubuk (lbh bagus yg bubuk jika diliat dr berbagai review) sdh byk yg rekomendasi utk minum itu utk mengobati isk dan diminum 2x sehari harga terjangkau semoga membantu!

      Delete
  23. Saya lg mengalami isk,antibiotik dr dokter masih jalan tp bak masih agak sering,kira kira obat yang ampuh apa ya?

    ReplyDelete
  24. Saya mau tanya, apakah yang terkena isk merasakan rasa gatal (tapi tidak terlalu gatal, seperti ingin pipis namun tidak keluar)di bagian miss v nya? Soalnya saya ngerasain gitu.

    ReplyDelete
  25. Bulan lalu saya sempat mengalami ISK, berobat ke3 dokter akhirnya dokter terakhir memberi antibiotik yg paten trs sembuh, cuma beberapa hari belakangan sepertinya saya mengalami ISK lagi tp beda gejala sama yg bulan lalu. Klo bulan lalu saya selalu ingin BAK ( tidak sedikit sedikit ) tapi seperti belum tuntas dan rasa dimiss v ga nyaman dan panas. Klo skg yg saya rasain spt ada keinginan BAK tapi samar dan tiba2 netes urin sedikit dicampur darah yg terlihat dicelana dalam padahal klo ingin BAK biasa aja tanpa terlihat darah diurine.. ada yg pernah mengalami hal yg sama?

    ReplyDelete
  26. Saya sekarng kena isk. Sudah berobat ke dokter dikasih obat antibiotik untuk 3hari. Dan sudah berkurang rasa perih panas pas BAK.skrng badan sakitnya minta ampun.Tp kok jadi telat M yah. Apa ISK bikin telat M. Pdahal tes peck negativ. Ada yg sama gak sama kondisi Q? Agak kwatir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama sis, saya bulan lalu kena ISK waktu haid jd macet gitu.. skg pun saya msh dalam tahap pengobatan, antibiotik utk 5 hari, sdh mendingan tp belum berasa sembuh skg hari ke 2 minum antibiotiknya n selangkangan kiri agak linu gitu dipkk jalan. Beda sama bulan lalu waktu kena ISK minum obat 1x aja berasa sembuh. Saya ga ngerti nih yg skg sakit apaan 😥

      Delete
    2. Hi.. gejala ISK itu apa sih.. maksudnya penampakan di Miss V nya,, saya lagi ngalamin di bagian saluran kemih warnanya merah kaya luka gitu ,, saat pipis sih ga sakit setelahnya rasanya agak panas , warna pipis pun jernih, ga ada demam dan ga ada sakit punggung,tapi selalu ngeflek di celana, yg aku fikir dari Miss V nya, tapi ternyata dari saluran kemihnya .. itu termasuk ISK bukan y? Dan kalau berobat pergi ke obgyn atau spKK ya?

      Delete
    3. iya sama persis yg aq alami sis.. itu gejala isk lbh baik segera konsul sama dokter, dokter kandungan bisa, spesialis dalam juga bisa tp lbh bagus dokter urologi sih.. saya juga blm membaik nih udah minum 2 macam antibiotik blm membaik, udah usg ssmpe ct scan ga ada yg abnormal cuma isk ku ini udah membuat salah satu saluran ginjal bengkak.. nunggu beberapa hari lagi maunya kontrol lagi krn isk blm sembuh.

      Delete
  27. Mbk dini aku juga sama kayak mbak nih sakit ISK ini sakit di daerah pinggang dan pipis terus. Tapi untung pipis ngak berdarah & nanah. Aku udah minum air banyak & uda sering pipis tpi blm sembuh sembuh.Obat diapotik apa ya yang bisa nyembuhin total? Atau pakek antibiotik ya?? Antibiotiknya apa? Tolong bantuannya

    ReplyDelete
  28. Mbk dini aku juga sama kayak mbak nih sakit ISK ini sakit di daerah pinggang dan pipis terus. Tapi untung pipis ngak berdarah & nanah. Aku udah minum air banyak & uda sering pipis tpi blm sembuh sembuh.Obat diapotik apa ya yang bisa nyembuhin total? Atau pakek antibiotik ya?? Antibiotiknya apa? Tolong bantuannya

    ReplyDelete