ulasan: buku Restart karya Nina Ardianti

, , 1 comment
Sebagai teman akhir pekan yang damai, saya meminjam novel berjudul Restart karya Nina Ardianti dari adik perempuan saya.


(hati-hati spoiler) Novel ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Syiana yang patah hati akibat diselingkuhin pacar yang sudah bersama dia sekitar 3,5 tahun. Syiana yang sedang gundah gulana tetiba bertemu Febrian, seorang musisi ternama yang tengah naik daun. Lalu mereka saling jatuh cinta lalu patah hati lalu jatuh cinta lagi. Selama itupun Syiana selalu ditemani oleh sahabatnya Edyta, dan juga rekan satu kubikel di tempat kerjanya, yaitu Aulia.

Novel ini ringan, mudah dibaca, ngga bikin pusing, maupun mikir yang mendalam. Bacaan yang cocok buat santai-santai di akhir pekan.

Yang saya ngga suka dari novel ini adalah..
  • Mirip sinetron. Ceritanya hampir mustahil terjadi di kehidupan nyata
  • Jalan cerita mudah ditebak
  • Tokohnya standar: cewek cantik, pinter, tajir, kalau ngomong dikit-dikit pake bahasa inggris, dan muja muji merek branded.
  • Harus banget ya memuja muji barang branded? Sampe-sampe banyak banget penyebutan nama merek sebagai barang. Ampun deh.
Kenapa ya jarang banget novel semacam teenlit atau novel-novel romantis nan ringan gini yang ngga memuja muji kekayaan? Hampir di semua novel pasti tokohnya tajir.

Namun demikian, buat santai-santai yang ngga bikin pusing, novel ini cukup menghibur. Alurnya enak dibaca dan karakterisasi tokohnya detail. Tokoh utama laki-lakinya berpotensi menimbulkan delusional. Ada quote-quote yang relevan di antara setiap sub bab. Juga banyak kalimat-kalimat quotable di dalam cerita.

Sekian.

1 comment:

  1. Kolo tokohnya miskin atau si kaya jatuh cinta sama si miskin itu udah mainstream banget, dahlin. Kalo tokohnya miskin, itu namanya bukan novel. Tapi kisah nyata.

    ReplyDelete