dekorasi pernikahan

, , 5 comments
halo haloo..

Sudah hampir satu tahun saya menikah dengan kekasih hati, tapi baru sekarang nih bisa sempet cerita tentang dekorasi pernikahan kami. Sejujurnya.. seperti banyak calon pengantin lainnya, saya pun punya segudang harapan tentang dekorasi pernikahan kami, seperti yang pernah diceritakan di sini.

Namun ternyata tidak semua harapan kita bisa menjadi kenyataan. Banyak hal-hal yang akan menjadi kendala di persiapan pernikahan, dari mulai uang, keinginan pasangan, pendapat keluarga, waktu, dan sebagainya, yang tentunya membuat kita pusing tujuh keliling. Bahkan dari banyak cerita teman atau keluarga, ternyata ada juga lho calon pengantin yang akhirnya ngga jadi nikah gara-gara ribet dan berantem terus saat persiapan pernikahan. Padahal inti dari pernikahan kan bukan di pesta nya yaa.. tapi di akad nikah yang sakral itu dan hari-hari setelah pernikahan.



Kalau kami, dekorasi impian ngga bisa terwujud adalah karena dari sisi ketersediaan dana dan waktu. Ternyata, dekorasi pernikahan yang cantik-cantik di Instagram, Pinterest, situs-situs persiapan pernikahan, foto-foto dari fotografer terkenal, googling, dan sebagainya itu mahal-mahal! Tentunya mahal itu relatif yaa dan harga emang ngga bohong, tapi kalau bagi kami sih sayang banget kalau menghabiskan puluhan juta hanya untuk dekorasi, mendingan buat DP rumah.. Hehehe waktu untuk cari-cari bantuan bikin dekorasi DIY juga udah ngga ada, jadilah akhirnya kami memutuskan untuk pasrah aja, yang penting ada hiasannya, tetap cantik, dan rapi hehe.

Saya pakai dekorasi paketan dari Paramitha Catering. Waktu itu (2014) harga paketnya Rp 10,000,000 dengan fasilitas ini:

  • Dekorasi pelaminan
  • Pelaminan
  • Taman miniatur air mancur depan pelaminan
  • Pohon palem untuk background pelaminan
  • 4 standing flower di pelaminan
  • 6 standing flower di karpet jalan
  • 4 standing ranting & standing stock
  • Pagar ranting untuk background penerima tamu
  • Gazebo kristal untuk di pintu masuk

Bonus:

  • Tempat angpau
  • Tempat souvenir
  • Buku tamu 4 buah
  • Spidol 4 buah
  • Umbul-umbul + Janur
  • Standing foto 4 buah
  • Meja galeri
  • Dekorasi desert, buffet, & VIP
  • Ice carving & ice tray
  • Hiasan kain untuk "photo booth" sederhana

Alhamdulillah banget dapet banyak bonus dan untuk harga segitu sudah lumayan banget hasilnya tidak mengecewakan, rapi, dan cantik. Ini dia foto-foto dekorasinya..












Kalau buat saya, dekorasi dari Paramitha Catering ini paling baik dan rapi dibandingkan dengan catering lain sekelasnya, yang harganya ngga beda-beda jauh. Ada catering yang sedikit lebih murah, tapi standing flower nya lebih sedikit dan kurang rapi. Jadi kita perlu perhatikan juga dari paket katering, kita bisa dapet apa aja dan bagaimana penampilan mereka di pernikahan sebelumnya. Berdasarkan survey kami, untuk dekorasi setingkat di atas catering sekelas ini, harganya udah berbeda 10 juta lho.. Jadi pinter-pinternya kita aja menyesuaikan ketersediaan dana dengan harapan calon pengantin hehe

Oiya, untuk di Gedung PPSDM, Blok M, dekorasinya agak tricky nih, karena bentuk gedungnya memanjang bukan melebar. Nah kalau saya sih waktu itu siasatnya adalah meja makanan buffet yang satu dibuat memanjang, sedangkan yang satu lagi di ruang belakang bentuk bulat kecil, jangan sampai bagian belakang banyak ruang yang ngga terpakai gara-gara meja buffet nya menghabiskan tempat. Kemudian ruang VIP ada di sisi kanan pintu utama.

Beberapa pernikahan di PPSDM menaruh meja tamu di lantai 1, tapi kemarin saya meja tamunya tetap di depan pintu masuk, supaya penerima tamunya juga ngga kasihan di bawah susah ngambil makanan hehe. Selain itu di depan pintu masuk ruangannya, ada ruang kantor gitu yang ngga cantik kalau ngga ditutupin, kita bisa siasatin ini dengan pakai hiasan kain dan meja galeri atau juga bisa photo booth.

Secara teknis, beberapa hari sebelum pernikahan biasanya ada technical meeting dengan penanggung jawab vendor dekorasi. Saat itu, kita bisa minta dibuatkan lay out nya oleh mereka.

Oke deh, selamat berjuang yaa calon-calon pengantin!

Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..



5 comments:

  1. waahhh dekorasinya bagus dan terjangkau ya. Emang sih dari kitanya yang harus pinter2 hunting vendor biar dapet harga yang oke dan kualitas yang bagus..

    ReplyDelete
  2. Blognya bagus banget kak ^^
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

    ReplyDelete
  3. Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

    ReplyDelete
  4. Ka mau tanya untuk gedung PPSDM itu muat berapa tamu ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adeani, kalau menurut aku maksimal 800 orang (400 undangan)..

      Delete