Tips Belajar GRE

, , No Comments

Banyak orang yang ngga mau daftar ke universitas di Amerika karena ngga mau ikutan tes GRE. Termasuk di antaranya saya! Sebagai pencari beasiswa, saya ngga punya banyak pilihan selain coba semua peluang. Ngga disangka-sangka, peluang yang terbuka buat saya justru dari negara yang sejak dulu selalu saya hindari. Hahaha

Dulu sih tahun 2014, saya pernah niat belajar GRE. Saya pinjam buku GRE punya teman yang sudah mendapat beasiswa sekolah di US. Begitu pertama kali lihat isi bukunya, saya udah lemes duluan. Saya bahkan ngga tau itu arti kata-katanya apa. Dari 20-an halaman, palingan saya cuma tahu 2-3 pertanyaan. Sisanya, ngga tau artinya apa.

Buat yang belum tau, GRE ini ada tiga bagian, verbal, kuantitatif, dan writing. Bagian verbal bentuknya ada yang mencari sinonim kata sulit dan menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang diberikan. Bagian kuantitatif, kayak matematika SMP - SMA. Soal matematikanya kurang lebih seperti matematika SMA di kelas IPS. Menurut saya sih ngga terlalu sulit, tapi karena bahasa-nya bahasa inggris. Jadi banyak istilah yang tidak biasa saya pakai. Terakhir bagian writing. Buat essay tentang pendapat atas masalah tertentu.

Saya ada beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman pakai saat belajar GRE.

Saran pertama, telen aja gan! Emang GRE ini rada pelik, apalagi kalau Bahasa Inggris-nya pas pas an kayak saya. Ngga ada cara lain, selain belajar. Belajar dikit-dikit. Pusing sih. Tapi nanti pas sekolah bakal lebih berat lho beban belajarnya. Jadi anggep aja ini latihan belajar keras untuk mengerti hal yang sulit dimengerti.

Buku panduan
Cari buku panduan yang bagus. Banyak buku panduan yang enak, ringkas, dan relevan. Setiap buku tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, jadi pilih aja yang kira-kira ulasannya sesuai dengan keinginan kamu. Saya sendiri, carinya buku pinjaman, jadi seadanya dan sedapetnya buku pinjaman. Kebetulan ada teman baik hati meminjamkan bukunya ke saya. Saya jadi bisa belajar dasar-dasarnya GRE.

Kalau mau beli, ada beberapa buku yang bisa kamu cari, di antaranya
  1. ETS official guide to GRE revised General Test and Official GRE Practice Questions
  2. Manhattan Prep GRE Set of 8 Strategy Guides
  3. Kaplan GRE Premier 2017
Ulasan lengkap tentang buku panduan, bisa kamu baca-baca di Magoosh atau Quora.

Pakai buku ini untuk belajar dasar-dasar soal kuantitatif dan verbal. Pelajari bentuk soalnya dan mulai ingat-ingat kembali cara mengerjakan soal matematikan jaman sekolah dulu.

Vocabulary Magoosh Flashcard
Magoosh bikin flashcard yang berisi tentang kata-kata populer di soal GRE. Saya sangat sangat terbantu dengan  flashcard ini. Karena sebelum saya mulai menghapal kata-kata di flashcard nya Magoosh, bener-bener blank ngga bisa isi jawaban. Baru setelah hapal, mulai ada kemajuan dalam mengisi jawaban. Seenggaknya bisa mengerti apa maksud soal. Kalau bisa, ditargetin aja. Misalnya kamu cuma punya waktu belajar 1 bulan, minimal satu minggu satu paket yang isinya sekitar 50 kata. Sampai sebelum ujian, saya cuma sanggup hapal sekitar empat paket basik dan satu paket advance.

Soal-soal gratisan
Nah, kalau sudah belajar dasar-dasar cara menjawab soal dan hapal vocabulary, kamu bisa mulai latihan soal. Salah satunya yang wajib dicoba, buka-buka deh Magoosh, Manhattan Prep, dan Crunch Prep. Gratis dan bagus. Mayan banget!! Biasanya ada free trial sekitar dua minggu yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain itu, Magoosh juga punya rencana belajar sesuai dengan waktu yang kamu punya.

Greenlight Test Prep
Sewaktu saya lagi stress dengan nilai GRE yang ngga naik-naik, seorang teman baik menyarankan saya untuk lihat akun Youtube ini. Saya coba pantengin, terutama di bagian jenis soal yang biasanya selalu salah. Ternyata keren banget tips-tipsnya. Terbukti nilai saya rada meningkat setelah belajar dari sini.

Baca rutin majalah internasional
Sambil mengisi waktu luang, bisa lah mulai sering baca artikel-artikel dalam bahasa inggris. Buat yang ngga biasa baca bacaan sulit, pastinya agak berat. Tapi nanti waktu kuliah kan juga akan banyak bacaan yang mesti dipelajari. Mesti udah belajar jauh-jauh hari. Kamu bisa baca Time, The New York Times, Project Syndicate, The Economist, dan lain-lain. Catat kata-kata sulit yang ditemukan, lalu kalau bisa dihapalkan atau seenggaknya kamu tau kapan bisa menggunakan kata itu.

Dictionary
Kalau kesulitan dalam terjemahan suatu kata, kamu bisa lihat di Dictionary atau Thesaurus. Ada aplikasinya juga. Kita bisa cari sinonim kata tersebut, bagaimana contoh penggunaan kata di dalam kalimat dan sebagainya.

Try out pakai POWERPREP Plus ETS
Mendekati waktu ujian, try out pakai ETS software. Dalam software itu, kita bisa perkirakan nilai kita berapa, berapa soal benar dan salah. Bisa buat perkiraan apakah hasil belajar kamu sudah mencukupi atau belum. Kalau belum, apa yang mesti diperbaiki dan dimaksimalkan dengan sisa waktu yang kamu punya.

--

Itu aja kayaknya tips dari saya. Kamu punya tips lain ngga? Sila komentar di bawah yaa..

Good luck!


PS: Ini ada semacam tutoring (https://tutorthepeople.com/test-prep/gre/), kamu bisa pakai kode ini special100 untuk dapet diskon $100, mayan banget kan!

0 comments:

Post a Comment