bunga cantik di ITB

, , 3 comments

Salah satu tempat yang paling saya suka adalah kampus ITB.  Saya suka sekali jalan-jalan di sana sendirian maupun ditemenin.  Kampus ITB jauh lebih kecil dibandingkan dengan Kampus UI Depok maka nya jalan-jalan ngiterin kampus ITB ngga terlalu capek.  Jalan santai bolak balik dari pintu belakang ke pintu depan aja cuma menghabiskan waktu 15 menit.  Salah satu hal yang bikin saya sangat suka jalan-jalan di ITB adalah..
Banyak bunga yang cantik
Kampus ITB banyak banget bunga-bunga cantiknya.. Naaah.. ini beberapa contoh bunga cantiknya..

Bougainvillea sp. (Bunga Kertas /  Kembang Kertas).  Bunga kertas terletak di gerbang depan ITB.  Kalo ngga salah ada dua warna dominan bunga kertas di Kampus ITB, yaitu ungu dan merah muda.  Kabarnya sih bunga yang warna ungu berbunga pas pertengahan semester, sedangkan bunga warna merah muda berbunga pas akhir semester.  Tapi kayaknya tiap saya kesana pasti berbunga deh tuh bunga kertas nya. Bunga kertas emang sering dijadikan tumbuhan hias karena bunga berwarna menarik, bunga nya rimbun, dan pohonnya mudah ditumbuhkan.  Pohon yang berasal dari Amerika Selatan dan anggota famili Nyctaginaceae ini, punya daun pelindung/spata/seludang bunga yang sering disangka bunga.  Padahal bunga asli nya ada di dalam seludang bunga tersebut dan berbentuk tabung.

    (sumber gambar: http://www.towardsoneworld.eu/toowGrnEssE6.php)
    http://www.kartuz.com/pc/10312/1GES02/Aeschynanthus+pulcher.html
http://fukuoka-edu.ac.jp/~fukuhara/keitai/kumatsudzuraka.html

Tabebula chrysantha (Tapak Kepyar). Dari Tugu Soekarno sampai depan gedung perpustakaan & gedung PAU ada bunga yang cantik banget apalagi kalau bunga nya lagi banyak.  Bunga nya berkumpul, warna nya kuning.  Bentuk bunga nya agak mirip bunga alamanda tapi kalo ini pinggir mahkota bunga nya bergelombang.  Bunga cantik dari famili Bignoniaceae ini merupakan tamanan asli Amerika Selatan dan dijadikan pohon nasional negara Venezuela.


sumber gambar: http://radio-weblogs.com/0101365/2004/04/12.html


Erythrina crista-galli (Bunga dadap merah). Bunga dadap merah banyak nih di tepi jalan di pinggir Partitur Indonesia Raya sampai Tugu Sukarno.  Bunga nya bunga majemuk, warna mahkota bunga nya merah darah.  Cantik.  Bunga dadap merah pas banget ditanam di pinggir jalan, karena selain bikin pemandangan indah dan jalanan jadi adem, bunga dadap merah juga bisa menarik perhatian burung untuk hinggap di pohon itu.  Jadi, akan banyak burung yang berada di sekitarnya.  Bunga dadap merah termasuk anggota dari famili Fabaceae.  Bunga ini berasal dari Argentina, Brazil, Paraguay, dan Uruguay.  Bahkan negara Argentina dan Uruguay menjadikannya sebagai pohon nasional.



Aeschynanthus pulcher (Bunga Lipstik).Bunga lipstik banyak ditemukan terjuntai di pinggir gedung-gedung di ITB, di samping-samping gedung teknik sipil juga ada tuh..  Bunga ini gampang kita kenali karena bentuk mahkota bunga yang bersatu atau gamopetalus, mirip lipstik.  Warna bunga nya merah kejinggaan, makin mirip lipstik deh.  Nah, si Aeschynanthus pulcher atau si bunga lipstik ini adalah salah satu dari anggota famili Gesneriaceae.  Bunga ini bunga asli Asia Selatan dan Asia Tenggara lho..
Congea velutina. Nah ini bunga yang paling saya suka di ITB.  Bunga ini banyak kita temukan di gerbang depan ITB, deketan sama bunga kertas.  Bunga nya majemuk, bentuk bunga tunggal nya unik sekali..  Ada daun pelindung bunga (brachtea) yang berwarna merah muda, kalau dilihat sepintas pasti orang mengira ini mahkota bunga.  Padahal mahkota bunga nya kecil, warna merah muda juga.  Daunnya berbulu, berhadapan, dan ada daun penumpunya. Batangnya juga berbulu..  Bunga cantik ini masuk ke dalam famili Verbenaceae dan berasal dari Thailand dan Malaysia bagian utara.


Bunga merak / Kembang merak (Caesalpinia pulcherrima).  Kembang merak di ITB warnanya jingga dan kuning, tumbuh berdampingan di depan gedung apa ngga tau hehe..  Perdu ini termasuk ke dalam famili Caesalpiniaceae karena daunnya majemuk menyirip, buah nya polong-polongan, bunga nya majemuk, ada lima helai mahkota, benang sari nya panjang.  Bunga ini berasal dari daerah tropis dan subtropis Amerika.

 
    Bunga-bunga di ITB bisa tumbuh dengan cantik dan sering banget berbunga karena udaranya sejuk dan lembab, belum terkena polusi juga..

    Aah pengen sekali kesana lagiiii…

    3 comments: