olahraga

, , No Comments
Kita semua tau olahraga itu penting buat kesehatan tubuh. Sayangnya, secara sadar umumnya kita juga sering kali meniadakan waktu olahraga. Alasannya banyak, sibuklah, capeklah, ngga ada waktulah, macem-macem.. Jadilah badan kita sangat jarang dipakai olahraga.



Dulu, waktu masih SMA (lima tahun lalu – udah lama banget sih ini), saya rutin olahraga bareng teman-teman, seminggu minimal 2x lah rata-rata.. Jadwalnya: sit up dan push up di hari biasa setelah pulang sekolah, dan olahraga lengkap di hari sabtu. Olahraga lengkap itu maksudnya lari, push up, sit up, back up, senam, dan lain-lain. Bukan karena rajin.. tapi waktu SMA saya ikutan ekstrakulikuler pecinta alam, jadi otomatis latihannya latihan fisik. Bahkan kadang jadwal olahraga saya masih ditambah sama latihan teater yang suka senam cukup heboh dan mengucurkan banyak keringat.

Alhasil, waktu SMA, lengan, paha, perut, pantat, betis, dan bahu saya kencang, badan jarang sakit, berat badan ideal, ngga kekurusan, ngga kegemukan. Keren.

Tapi semua tinggalah kenangan.

Semenjak kuliah, saya jarang olahraga. Soalnya ngga ada teman yang bisa diajak olahraga rutin (alesan pertama) dan ngga ikutan ekstrakulikuler yang memaksa tubuh untuk bergerak (alesan kedua). Jadilah badan ngga karuan, gampang pegel-pegel, lemas, dan sebagainya.

Sekarang ini, saya mau mencoba kembali ke masa kejayaan. Masa di saat saya rajin olahraga, badan bagus, bugar, cantik, dan ceria! (halah)

Karena saya anaknya males dan ngomong doang, jadilah olahraga outdoor bukan menjadi prioritas. Ujung-ujungnya ngga jadi berangkat soalnya.. hahaha

Ada banyak pilihan olahraga indoor, tapi pilihan saya mengerucut pada olahraga senam dan yoga. Yoga gerakannya lambat tapi bikin keringetan banget. Bagus juga, tapi karena gerakannya lambat, saya jadi males (alesannya banyak).

Akhirnya sekarang ini saya nyoba membiasakan senam, rutin setiap pekan. Senam kebugaran jiwa, alias SKJ. Pernah denger SKJ ngga? Anak angkatan 90an pernah lho melewati masa di saat SKJ itu diwajibkan setiap pekannya. Iya, waktu SD.. hahaha jadul banget yah? Dulu namanya SKJ 1998.

Tapi, sekarang SKJ udah gaul banget. Sudah diperbarui tahun 2008, jadi namanya SKJ 2008. Hahaha gerakannya seru banget, ngga terlalu susah, dan lumayan lah ya buat olahraga ringan. Bisa olahraga di rumah, cuma 15 menit. Jadi ngga ada alesan males keluar rumah atau ngga punya waktu.

Semoga olahraga ringan yang dilakukan secara rutin ini bisa membangkitkan semangat untuk olahraga serius dan lengkap ya.. Mau nyobain senam SKJ bareng? Yukyuk barengaan! Saya punya CD nya hahaha

0 comments:

Post a Comment