menjahit mimpi

, , No Comments
Salah satu cita-cita saya adalah menjadi guru TK! yup! soalnya bermain dengan anak-anak sungguh sangat menyenangkan dan membahagiakan. Kita selalu senyum, senang, bernyanyi, menari, tertawa, dan sejuta kegiatan positif lainnya.

Sayangnya, berhubung saya lebih suka berkarir menjadi saintis, jadilah saya belum bisa menjadi guru TK. Namun demikian, selalu ada jalan mencapai cita-cita! dan tahun ini mulailah saya mewujudkan cita-cita saya!

Sampai saat ini, perwujudan cita-cita ini belum menjadi guru TK sih.. cuma ngurusin anak-anak aja hehehe

berikut adalah 2 kegiatan seru-seruan saya dalam mengurusi bocah-bocah kecil yang sangat menyenangkan!


Menjadi guru tamu di Rumah Main Cikal!


difotoin Eru

Rumah Main Cikal adalah sebuah preschool di fX, Jakarta. Bulan september lalu, saya diminta bantuan oleh teman saya (Annisa), yang kerja jadi guru preschool di sana, untuk menjadi guru tamu di acara Bouncing Scientist. Di depan anak-anak kecil umur 1-3 tahun, saya diperkenalkan sebagai saintis. Di sana saya bukan satu-satunya saintis, ada Eru juga, tapi kita beda ruangan..

Kegiatan waktu itu adalah ngajarin anak-anak itu percobaan ilmiah, yaitu Blow Up the Balloon dan Water and Detergent.

Blow Up the Balloon ini caranya gampang:
  1. Siapkan satu buah cuka botol, botol plastik ukuran 600 ml, balon, baking soda, sendok plastik
  2. Masukkan cuka ke dalam botol bekas
  3. Masukkan baking soda ke dalam balon kira-kira 3-5 sendok
  4. Pasang mulut balon ke mulut botol
  5. Biarkan baking soda (yang di dalam balon), masuk ke dalam air cuka
  6. Tadaaaaam! jadilah balon mengembang!

ini kegiatan yang seru banget! dan anak-anak itu langsung seneng, seru, dan penasaran :D
habis ngajarin cara melakukannya, kita juga cerita bahwa kalau cuka dan baking soda dicampur, maka akan terbentuk udara yang dapat mengembangkan balon. Anak-anak itu cuma ngangguk-ngangguk seru aja sih hehehe

Kalau Water and Detergent lebih gampang:
  1. Siapkan sendok plastik, air, gelas plastik ukuran 200 ml, minyak, dan pewarna makanan
  2. Masukkan air ke dalam gelas
  3. Tambahkan pewarna makanan (di sesi ini bisa bilang, "waaah warnanya berubaahh!!" ke bocah-bocah)
  4. Tambahkan minyak
  5. Masukkan deterjent
jadi pas nambahin minyak, kita bisa bilang, "coba aduk-aduk deh.. kok ngga bisa nyampur yaaa?"
terus anak-anak itu jadi penasaran deh sambil ngaduk-ngaduk terus

lalu habis memasukkan deterjen, kita minta anak-anak itu ngaduk lagi.. laluu tadaaa mereka kesenengan penasaran kenapa tiba-tiba air dan minyak bisa nyampur

liatin bocah-bocah itu kesenengan dan penasaran itu membahagiakan bangeett!!

Eru juga cerita tentang ini di blognya, bisa dilihat disini.
ini keseruan lain, yang difotoin sama Eru:

Nisa, Diny, dan Eru
saya di lorong yang unyuk sekali
Diny, Nisa, dan Eru dan anak kembar imut-imut
waaah pokoknya kegiatan ini seru banget! Saya juga jadi belajar gimana cara menghadapi anak kecil, gimana cara mendapat perhatian dari anak-anak kecil, cara menyanyi, cara bergerak, dan berbagai macam cara menghadapi anak-anak.

PS: Makasi banget nisaaa udah memberi kesempatan berharga ini, makasi banyak eruu udah dokumentasiin acaranya hihihi.

Menjadi volunteer di Launching Komunitas Satu Senyum

Hari minggu kemarin, saya, Eru, dan Sisil menjadi volunteer di launching komunitas satu senyum. Komunitas Satu Senyum adalah komunitas para ibu dan anak yang terkena bibir sumbing (celah bibir dan langit-langit). Acaranya berlangsung di Aula Museum Mandiri, Kota, Jakarta Selatan.

Dalam acara ini, kami bernyanyi dan membuat pertunjukan boneka tentang laba-laba yang sabar. Sehari sebelumnya, kami menyiapkan segala alat bantu untuk pertunjukan boneka. Ini fotonya dari instagramnya Eru

lalu kami juga masuk TV hihihi aseek, liat deh disini

ini seru bangeet!!
***

ya semoga makin banyak ya yang ngajakin saya ngurus acara anak-anak kecil, jadi saya bisa main sama anak-anak lagiiii

0 comments:

Post a Comment