undangan pernikahan

, , 9 comments
Dua bulan lagi hari pernikahan tapi baru mau bikin undangan, hahha semangats ya bridezilla! Kuncinya satu.. jangan dibikin pusing, jangan sampe stress, dibawa enjoy aja sambil pacaran seneng-seneng
*calon penganten yang terlalu santai* hahhaa

Tempat
Pusat percetakan undangan pernikahan dan buku yasin-an ada di Pasar Tebet Barat. Pasar ini bisa diakses dengan kendaraan umum Kopaja 68 atau Mikrolet 34, berhenti di depannya persis. Bila naik kendaraan pribadi, dari pancoran ke arah cawang, belok di belokan pertama sebelah KFC gelael, lalu lurus saja, pasar tebet di sebelah kanan jalan. Kalau dari arah Manggarai, bisa belok di jalanan sebelum McD Tebet, lalu lurus saja, pasarnya ada di sebelah kiri jalan.

Pasar Tebet Barat
sumber gambar: http://goo.gl/RFPQxU
Tips membuat undangan pernikahan:
  1. Tentukan jumlah undangan. Lebih baik pesan lebih daripada kurang, karena biaya bikin ulang akan jauh lebih mahal. Semakin banyak pesannya, semakin murah.
  2. Tentukan tema undangan. Warna apa, tema apa (misal klasik, film, unik, sederhana, dan lain-lain)
  3. Tentukan buat design dimana. Sebagian besar percetakan di Pasar Tebet Barat bisa membuatkan design sesuai dengan yang kita inginkan. Kalau bahkan kita ngga tau maunya apa, bingung bentuk undangan seperti apa, bisa lihat contoh yang sudah jadi lalu pilih yang sesuai selera. Kalau mau buat sendiri atau dibuatkan teman, bisa juga, sebaiknya buat dalam format .cdr (corel draw)
  4. Tentukan budget
  5. Cari rekomendasi percetakan di berbagai blog persiapan pernikahan. Dari googling, kita bisa buat daftar 5 percetakan, lalu saat kita ke Pasar Tebet Barat, kita tinggal memilih salah satu yang paling cocok. Biar ngga terlalu pusing datengin semua toko.
Kalau saya, jumlah undangan 300 buah, ngga dilebihkan karena sekitar 50 undangan softcopy akan disebar via email, jadi masih nyisa 50 undangan hardcopy. Tema warna biru, sesuai dengan tema pernikahan. Design dibuatin sama temennya Mirza, ada dramanya sedikit gara-gara saya lagi gampang bete, tapi design nya baguussss.. Budget 3 jutaan.

Dari hasil googling, ada beberapa tempat yang direkomendasikan, antara lain:

Putra Karya
Percetakan ini direkomendasikan oleh saudaranya Mirza, dia dan teman-temannya sering cetak disini, katanya responnya bagus, mbaknya baik, dan lumayan murah.

Di percetakan ini, design undangan kami dihargai Rp 9,000, kira-kira selesai 3 minggu.

Nomor kontak Putra Karya:
021 966 3044, 0852 900 25125
hardiansyah88@gmail.com (mbak Nur Hidayah)

Galeri Amori
Kalau mau undangan unik tapi ngga tau design dimana, sila cek percetakan ini. Lucu, unik, elegan, dan keren-keren designnya. Bisa cek foto-fotonya disini. Katanya sih mereka bikin sendiri designnya dan setiap pasangan bisa dibikinin design baru. Soal harga, beda seribu lebih mahal dari Putra Karya.

Nomor kontak Galeri Amori
0856 1600 254 / 0813 1099 1624 (Onny Maya)
galeriamori@yahoo.com / 27FB6233 (pin BBM)

Cempaka Grafika
Si ibu-ibunya bertanya-tanya detail sih tentang konsep undangan kami, tapi dia galak dan judes. Konsep undangan kami dihargai Rp 15,000

Saya sama mirza langsung bilang, "oh gitu, oke deh makasih bu" lalu pergi ke toko lain hahaha habis ibunya judes sih.

Nomor kontak Cempaka Grafika
Blok A LB I BKS 002
021 8370 1764 / 9485 4374
cempaka.grafika@yahoo.com

Makhota Print
Nah kalo ini, mas masnya baik, tapi pas kami datang ke tokonya, dia lagi ngerjain undangan jadi agak kurang konsentrasi melayani kami. Harga undangan kami dihargai Rp 8,500 saja. Si mas masnya memperkirakan harga pakai berhitung dulu di kalkulator, artinya dia memperhitungkan dengan seksama, ngga asal kasih harga mahal.

Nomor kontak Mahkota Print
Blok BKS No. 5
0815 1447 7651 / 0812 8205 0778
mahkota_print@yahoo.com

**

Tadinya mau ke Ridho Print dulu, tapi karena mereka lagi melayani calon pengantin lain, jadi saya dan mirza males nungguin. Akhirnya saya dan mirza lebih klop sama Putra Karya, walau lebih mahal Rp 500 dibandingkan Mahkota Print, tapi mbak-mbaknya lebih baik dan sopan.. hehe

Oiya, setiap bikin undangan, umumnya percetakan akan memberikan kartu ucapan terima kasih untuk di suvenir, gratis. Kalau kupon suvenir, biasanya nambah lagi. Di Putra Karya kupon undangan harganya Rp 35,000/100 kupon.

Okeee, semoga undangannya cepat jadi dan ngga banyak rusak.. aamiinn

Untuk undangan via online nanti akan saya update ceritanya.. doakan lancar teman-temaan..

9 comments:

  1. Thx Mba berguba banget nih buat referensi :)

    ReplyDelete
  2. semoga undangannya laris manis dan usaha percetakannya tambah maju

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya, kita membuka jasa yang sama :)
    kunjungi blog saya di :
    Cetak Undangan
    Undangan Murah
    Undangan Pernikahan Unik Dan Murah

    ReplyDelete
  4. Kami siap membantu anda dalam pengadaan blangko undangan kosong, dengan desain model yang beragam. Blangko sudah dipon dan di poil. Harga blangko mulai Rp.400/pc. Hub : Ibu Retno 082117163952

    ReplyDelete
  5. Cari undangan nikah murah, sesuai budget dan berkualitas? Hubungi, Citra Jaya Printing 02197111213/087780550022 dg Ibu Fanny. Cek instagram: citrajayaprinting

    ReplyDelete
  6. Cari undangan nikah murah, sesuai budget dan berkualitas? Hubungi, Citra Jaya Printing 02197111213/087780550022 dg Ibu Fanny. Cek instagram: citrajayaprinting

    ReplyDelete
  7. trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

    ReplyDelete
  8. Cek juga undangan online berikut:
    http://websitepernikahankami.xyz/rudy&silviany/
    http://websitepernikahankami.xyz/ruth&devanand/
    dari http://www.websitepernikahankami.com

    ReplyDelete