Medical Check Up di Medikaloka

Wednesday, May 3, 2017

Salah satu syarat untuk mengajukan visa ke Kedutaan Amerika Serikat adalah Medical Check Up (MCU). Saya sebagai calon penerima beasiswa diperbolehkan melakukan medical check up hanya di Klinik Medikaloka atau RS Premier Bintaro.

Saya memilih Medikaloka karena lebih dekat dan gampang diakses transportasi umum. Sebelum datang MCU, peserta perlu membuat janji dengan Medikaloka yang bisa dilakukan melalui telepon. Saya buat janji satu hari sebelum pemeriksaan.


Sebelum medical check up, saya diminta puasa sepuluh jam sebelum pemeriksaan. Artinya kalau saya mulai MCU jam delapan pagi, saya hanya boleh makan sampai terakhir jam sepuluh malam. Lumayan ngga terasa puasa karena malamnya kan tidur. Puasa ini diperbolehkan minum air mineral.  

Hari itu saya berangkat pagi-pagi sekali dari Citayam. Saya naik kereta sampai stasiun Tebet lalu lanjut naik Gojek sampai lokasi. Sampai di sana terlalu pagi, jam 7.15. Padahal Medikaloka baru buka pukul 08.00. Untungnya ada bapak satpam baik hati yang mempersilakan saya menunggu di dalam Medikaloka. Ruang tunggu di Medikaloka enak sekali, nyaman, bersih, dan desain interior nya dirancang dengan bagus. Jadi kita sebagai pasien merasa nyaman.

Pukul 08.00, KTP saya diminta oleh petugas administrasi. Setelah itu, saya diminta menunggu lagi di ruang tunggu. Di ruang tunggu dalam juga tersedia air mineral yang bisa dikonsumsi oleh pasien. Ada majalah, tv, dan kafe kecil dimana kita bisa membeli minuman seperti kopi, teh, dan lain-lain. Enak ada fasilitas-fasilitas ini, bikin kita ngga bosan menunggu. Ada juga loker tempat penyimpanan barang, bikin kita ngga repot bawa-bawa perintilan.

Pemeriksaan baru dimulai sekitar pukul 08.30. Pemeriksaan pertama yaitu pengambilan darah. Darah yang diambil sekitar 2 tabung, saya ngga tau dua tabung itu tepatnya berapa mililiter. Mestinya darah ini bisa diambil dari tangan kiri aja. Tapi pembuluh darah vena saya ketipisan dan waktu disuntik jarumnya kurang tepat masuk ke vena. Akhirnya saat tabung kedua, darah saya ngga keluar lagi. Jadi mesti diambil dari lengan kanan. Kata susternya, darah saya pagi itu juga relatif kental, karena kurang minum air mineral pagi-paginya. Ayo lebih sering minum air putih biar darahnya lancar.

Setelah itu, ada pemeriksaan mata, indeks mata tubuh, ukuran-ukuran tubuh, dan tensi. Lalu pemeriksaan urin, urin pertama diminta dikeluarkan dahulu lalu baru masukkan urin selanjutnya ke tabung yang diberikan. Agak repot juga ya. Untungnya kamar mandi yang tersedia cukup bersih, ada tempat cuci tangan, sabun, dan tissu yang telah tersedia. Setelah selesai, tabung urin saya letakkan di tempat yang sudah tersedia tepat di depan kamar mandi.

Lalu saya pemeriksaan EKG. Saat pemeriksaan EKG, saya yang mesti lepas pengait bra dan buka baju sampai dada. Untungnya di ruangan khusus yang bisa dikunci yaa, jadi lebih nyaman. Saran saya, buat perempuan, jangan pakai baju terusan panjang ya saat medical check up. Biar ngga telanjang banget hahaha. Pakai atasan yang mudah dibuka dan bawahan yang nyaman aja. 

Habis EKG, saya rontgen di lantai dua. Foto nya dua kali, satu dari belakang dan satu dari samping. Daan tinggal ketemu sama dokter umumnya deh.

Saya dipersilakan sarapan di ruang tunggu dalam. Saya ngga nyangka dapet sarapan. Pilihannya ada nasi goreng dan omelet, saya pilih nasi goreng. Rasanya kayak nasi goreng hotel, kurang cocok sama lidah warung pinggir jalan kayak saya hehe.

Nasi Goreng Medikaloka
Terakhir, pemeriksaan dengan dokter umum. Pemeriksaan lumayan cepat, diperiksa mulut, telinga, dan badannya. Sudah deh, selesai sekitar pukul 10.00. Ada formulir catatan medis yang harus saya isi. Lalu tinggal bayar deh.

Total pembayaran Rp 924.000 yang bisa dibayar tunai, debit, maupun dengan kartu kredit. Mahal juga yaa.. Untungnya biaya ini akan di reimburse oleh pemberi beasiswa. Hasil MCU selesai sekitar 3-5 hari kerja. Semoga hasilnya bagus semua dan bisa lolos ke tahap berikutnya.

No comments

Post a Comment

Search This Blog

Contact Form

Name

Email *

Message *