sekilas tentang ISBN dan ISSN

, , No Comments
International Standard Book Number (ISBN) adalah nomor unik terstandardisasi untuk mengidentifikasi buku. ISBN digunakan untuk setiap edisi dan variasi buku, ebook, buku softcover, buku edisi hardcover. Penggunaan nomor tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi distributor.
Sejak 1 Januari 2007, ISBN terdiri dari 13 digit nomor dengan format berikut:


  • Group   : terdiri dari 1 – 5 nomor. Contoh nomor 0 atau 1 untuk negara berbahasa Inggris, 2 untuk negara berbahasa Perancis, 3 untuk negara berbahasa Jerman, 4 untuk Jepang, dan lain sebagainya.
  • Publisher : kelompok, organisasi, perusahaan, atau individual yang bertanggung jawab atas produksi atas sebuah penerbitan.
  • Check digit : nomor untuk pengecekan ulang, didapat dari perhitungan angka-angka sebelumnya dengan rumus tertentu.

ISBN dapat dikeluarkan oleh agen pendaftaran yang bertanggung jawab di setiap negara, di beberapa negara dikeluarkan pula oleh Perpustakaan Nasional atau Kementerian Kebudayaan.

Setiap penerbit, harus mendaftarkan diri ke agensi ISBN yang bertanggung jawab di Indonesia. Jika ada alasan khusus yang membuat kita tidak ingin mendaftar di ISBN Indonesia, penerbit tersebut harus menghubungi Badan ISBN Internasional untuk mendapatkan masukan terbaik dan tidak harus menghubungi lembaga ISBN lain.

Biaya untuk mendapatkan ISBN tergantung pada agensi nasional atau institusi lain yang telah terdaftar.
Penerbit harus melakukan seluruh tahapan, termasuk mengikuti aturan yang berlaku di ISBN. Penerbit juga harus memberikan data seperti judul, penulis, format, dll ke agen ISBN nasional. Penerbit juga harus memberikan kontak lengkap seperti nama penerbit, alamat surat, telepon, faks, email, dan situs.

Agen ISBN di Indonesia yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit, menurut isbn-international.org adalah

Perpustakaan Nasional Indonesia.
Tim ISBN / Katalog Dalam Terbitan (KDT) Perpustakaan Nasional RI
Gedung Perpustakaan Nasional RI Blok A Lantai 2
Jalan Salemba Raya No. 28 A
Jakarta 10430
T: 021 9292 0979, F: 021 392 7919, E: isbn.indonesia@gmail.com, W: www.pnri.go.id
Kontak : Welmin Sunyi Ariningsih, Dra. Sauliah Saleh, H. Teuku Syamsul Bahri, Ratna Gunarti

Namun demikian, ternyata untuk majalah, buletin, jurnal, dan lain-lain yang terbit secara berkala tidak dapat menggunakan ISBN, tetapi menggunakan International Standard Serial Number (ISSN).

ISSN adalah delapan digit nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah terbitan berkala pada media yang spesifik. ISSN umumnya diberikan oleh perpustakaan nasional dan dikoordiasi oleh Pusat ISSN Internasional di Paris.

Pada publikasi hardcopy, sebaiknya ISSN diletakkan di sebelah kanan atas di belakang sampul atau pada halaman tempat informasi editorial dituliskan. Publikasi pada media elektronik harus ditampilkan di halaman utama bila merupakan publikasi online atau pada tempat yang terlihat jelas (label CD, boks, sampul, dll) bila merupakan media fisik.

Di Indonesia, satu-satunya institusi yang memiliki tugas dan wewenang untuk menerbitkan ISSN adalah Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) melalui Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII).
Pengajuan ISSN dilakukan secara online dan dikenakan pembayaran biaya administrasi sebesar Rp 200.000. Syarat pengajuan tersebut antara lain:
  • Merupakan terbitan berkala
  • Mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada kepala PDII-LIPI, tertulis secara resmi dari penanggung jawab penerbitan tersebut (berkop, stempel, dan tanda tangan)
  • Terdapat halaman daftar isi dan dewan redaksi
  • Seluruh dokumen yang diperlukan dalam pengajuan ISSN harus dalam format PDF.

Setiap nomor ISSN hanya diperuntukkan bagi 1 judul terbitan pada satu media, sehingga bila akan membuat judul baru atau menerbitkan dengan media berbeda (misalnya cetak dan elektronik) harus mengajukan ISSN baru.

Kontak lebih lanjut mengenai ISSN dapat menghubungi:
Bidang Dokumentasi – PDII LIPI
Gedung PDII lantai 5
Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta 12042
PO BOX 4298
Tel / fax (021) 5733465 / 5733467, 5207387

Sumber tulisan:
http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi
http://www.issn.org/
http://en.wikipedia.org/wiki/International_Standard_Book_Number

www.isbn-international.org

0 comments:

Post a Comment